Thursday, 21 July 2016

BOCORAN SOAL UN TAHUN 2016

Berikut ini saya akan membagikan contoh soal prediksi UN Matematika SMA untuk program IPA, IPS, dan Bahasa tahun 2016 yang dapat anda gunakan untuk latihan dalam menghadapi Ujian Nasional besok.

Contoh soal prediksi UN Matematika SMA IPA, IPS dan bahasa 2016 ini disusun sedemikian rupa sehingga sesuai dengan indikator kisi-kisi SKL UN 2016 yang telah dikeluarkan BSNP-Indonesia akhir tahun kemarin. Soal yang dibagikan ini adalah soal prediksi yang disusun semirip mungkin dengan indikator kisi-kisi UN 2015 sehingga dapat dijadikan referensi untuk menebak soal seperti apa yang mungkin keluar nanti saat Ujian Nasional 2016.
 Download Kisi-kisi UN 2016 untuk semua mapel : Kisi-kisi UN SMA 2016
Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pada ujian nasional tahun 2016 ini pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan berencana menggelar ujian nasional menggunakan dua sistem yakni ujian tulis seperti tahun kemarin dan ujian online untuk beberapa sekolah yang telah ditunjuk dan siap.
Menurut sumber dari BNSP bahwa soal ujian nasional tahun 2016 ini komposisinya terdiri atas soal mudah, sedang, dan sulit termasuk pula soal yang mengukur higher order thinkingdari peserta UN serta soal yang kontekstual dengan budaya, sosio-antropologis, dan lingkungan.
Sumber itu juga mengatakan bahwa bentuk soal UN tahun 2016 ini adalah pilihan ganda. Jika di media massa sempat beredar kabar bahwa soal UN berbentuk esai, itu tidak benar. Kalau untuk UN 2017 itu wacananya.
Kalau mempertimbangkan efektifitas dan efisiensi maka bentuk soal pilihan ganda merupakan pilihan yang tepat untuk jenis ujian yang bersifat luas dan besar seperti UN dimana hasilnya harus diumumkan paling lambat satu bulan setelah pelaksanaan UN. Jika soal dalam bentuk essay maka dikhawatirkan proses koreksi tidak akan selesai tepat waktu. Tetapi, dengan pertimbangan untuk peningkatan mutu pelaksanaan UN kedepan, memang ada wacana untuk menggunakan soal UN dalam bentuk esai, selain pilihan ganda.
Akan tetapi, semua itu baru pendapat dan berita secara lisan. Pernyataan soal UN 2015 tak lagi menggunakan pilihan ganda ini masih simpang siur. Untuk kepastiannya maka kita tunggu POS Ujian Nasional 2016 atau POS UN 2016 yang rencananya dalam minggu ini akan dipublikasikan oleh pemerintah / BNSP.
 Baca juga : MATERI DAN RUMUS MATEMATIKA SMA SESUAI K-13 
Adapun untuk pelaksanaan UN tahun 2016 ini, selain menggunakan bentuk pilihan ganda untuk jawaban UN, pada tahun ini Kemendikbud juga akan melaksanakan program UN berbasis komputer di ratusan sekolah yang tersebar di Indonesia. Program UN berbasis komputer ini dilaksanakan dengan menuliskan langsung jawabannya seperti halnya ujian CPNS yang menggunakan CAT. Istilah yang sering dipopulerkan adalah Computer Based Test (CBT).
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.
Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 555 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 378 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.
Sekolah Pelaksana CBT tahun 2016 ini sampai bulan Januari 2016 tercatat 711 Sekolah SMP/MTs, 1222 Sekolah SMA, dan 2092 sekolah SMK.
Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).
Mungkin, satu-satunya kabar yang menggembirakan dan agak menenangkan adalah pernyataan dari menteri pendidikan kita, Bapak Anies Baswedan bahwa untuk ujian nasional ( UN ) tahun 2016 ini tidak akan lagi digunakan sebagai syarat utama penentu kelulusan. Nantinya kelulusan peserta didik ditentukan oleh sekolah masing-masing dengan kriteria yang telah disepakati di sekolah yang bersangkutan. Adapun untuk hasil UN tahun 2016 kali ini hanya akan digunakan sebagai pemetaan saja. Sedangkan penggunaan hasil UN untuk bahan saringan masuk ke perguruan tinggi masih dalam tahap wacana dan pembahasan.
Tetapi, apapun yang terjadi, bagaimanapun nanti peraturannya, yang pasti sebagai siswa yang perlu anda lakukan hanyalah belajar semaksimal mungkin agar nantinya hasil UN anda akan sesuai dengan yang diharapkan. Selain tetap berdoa dan meminta restu dari bapak ibu, berlatih soal UN sebanyak dan sesering mungkin akan mendekatkan anda pada kesuksesan. Untuk itu, sebagai alat bantu mengecek dan mengetes kemampuan anda, berikut ini saya uploadkan contoh soal dan prediksi soal UN matematika SMA tahun 2016. Silahkan diunduh melalui link di bawah ini:

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini