Sunday, 6 September 2015

Cara Kembalikan Data yang Hilang dari Flashdisk yang Rusak

Flashdisk merupakan benda kecil yang biasa digunakan untuk bertukar data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Tetapi Flashdisk sendiri rentan terhadap kerusakan, pertama karena seringnya berpindah-pindah komputer sehingga rentan sekali terkena virus atau semacamnya dan juga mungkin prosedur untuk eject yang tidak dijalankan sehingga terjadi pemutusan arus listrik secara tiba-tiba. Ketika kamu lupa safely remove juga dapat menyebabkan Flashdisk corrupt karena sedang ada perpindahan data atau file yang digunakan. Berikut ini cara untuk mengembalikan file dari Flashdisk yang corrupt sekaligus mengembalikan data yang hilang dari Flashdisk yang rusak dengan menggunakan Command Prompt.

 Langkah-langkahnya:

  • Colok USB Drive atau Flashdisk kamu ke Komputer lalu jalankan Run. Setelah itu ketik cmd, klik kanan lalu Run as Admin.
  • Pada halaman Command Prompt ketik chkdsk h: /r. Kemudian enter.Sebagai keterangan h: adalah drive letter yang digunakan pada USB drive atau Flashdisk milikmu saat itu, sebaiknya dicek terlebih dahulu pada My Computer seperti ini:
  • Setelah itu sistem akan memproses semua file dan folder.
  • Ketika proses selesai, sistem akan bertanya Convert Lost Chains into Files, ketik yes dan file kamu akan secara otomatis muncul pada USB Drive atau Flashdisk milikmu.
  • Jika tidak muncul, ketik . di bagian kotak search di Windows Explorer.
Dengan menggunakan CMD atau Command Prompt, kamu bisa dengan mudah mengembalikan data yang hilang (recover file) dari USB Drive/Flashdisk yang rusak dan corrupt. Untuk masalah data kamu yang hilang atau terhapus, kamu juga bisa mencoba software Recuva.
Sumber: https://jalantikus.com/tips/cara-recover-file-dari-flashdisk-rusak/

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini