Sunday, 13 September 2015

Alur Pendaftaran Online CPNS 2016

Informasi Alur Registrasi Online CPNS tahun 2016 & 2017 - Pendaftaran CPNS tahun 2016 tetap dibuka meskipun pemerintah melakukan moratorium. Adapun daftar beberapa formasi yang dibuka meliputi seperti Tenaga Pendidik ( Guru, Dosen ), Tenaga Medis ( Dokter, Perawat, Bidan dll ), tenaga fungsional penyuluh pertanian, dan penyuluh kesehatan, ahli pengairan, tata ruang kota, teknik sipil, serta formasi untuk ahli mitigasi bencana. Namun perubahan formasi CPNS 2016 dapat terjadi seiring perkembangan update informasi. Untuk melakukan pendaftaran CPNS, tentu alur pertama adalah melakukan registrasi yang sah melalui Portal Nasional atau Panselnas. Jika sudah terverifikasi, anda bisa melanjutkan ke situs SSCN atau portal Instansi Pusat maupun Daerah. Biasanya pada tahap ini banyak pelamar yang mengalami Permasalahan Registrasi CPNS. Mulai dari portal panselnas ataupun menpan.go.id ( Kemenpan -RB ) tidak bisa diakses, kesalahan input data NIK, lupa password email dll. Jika hal tersebut terjadi anda bisa membaca Kumpulan Pengaduan Permasalahan Registrasi CPNS 2016

Alur Pendaftaran Online CPNS 2016

Berikut ini adalah langkah - langkah pendaftaran atau diagram Alur Registrasi CPNS secara online melalui Portal Panselnas.  

Alur Pendaftaran Online CPNS 2015

1. Mengunjungi Portal Nasional CPNS 2016
Portal Nasional CPNS yang resmi adalah panselnas.menpan.go.id 
2. Baca Informasi Penting
Pada halaman utama panselnas, tersedia informasi yang harus diperhatikan sebelum melakukan pendaftaran. Mengingat pendaftarannya dilakukan secara online, maka anda harus mempunyai E-Mail. Jika belum punya, anda bisa Membuat Akun E-Mail Baru Khusus Untuk CPNS. Membuat akun baru akan memudahkan anda dalam melakukan registrasi.
3. Mempelajari Formasi CPNS 2016
Membaca secara rinci mengenai Formasi dan persyaratan atau kualifikasi yang dibutuhkan. Anda bisa memilih formasi baik itu Untuk CPNS lulusan SMK / SMA sederajat, D3 hingga Sarjana S1 atau S3. Pendaftaran dilakukan menggunakan Ijazah Asli, bukan SKL ( Surat Keterangan Lulus ). Jika memenuhi persyaratan, anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.
4. Memilih Formasi
Pada tahun lalu, satu orang hanya bisa memilih 3 formasi dalam satu Instansi. Jadi Jika anda mendaftar di Kemenkes tidak boleh mendaftar di Kemdikbud. Mungkin untuk CPNS tahun 2016 akan sedikit berbeda, dimana pelamar diperbolehkan memilih diberbagai Instansi. Tunggu update berikutnya.
5. Mengisi Form Pendaftaran
Anda akan diminta untuk mengisi Data sesuai KTP ( Kartu Tanda Penduduk ), seperti Nama NIK ( Nomor Induk Kependudukan ), Tempat Tanggal Lahir, dan Alamat Email.
6. Konfirmasi Pendaftaran
Setelah form pendaftaran diatas terkirim, maka tahap selanjutnya adalah melakukan Konfirmasi. Tunggu 1 x 24 Jam. Namun apabila anda belum mendapatkan Email Balasan Konfirmasi Pendaftaran, Maka anda bisa melakukan pengaduan ke Panselnas sesuai dengan Prosedur Pengaduan Permasalahan Registrasi CPNS yang berlaku.
7. Mengunjungi Portal Instansi
Alur yang terakhir. Setelah mendapatkan Email Konfirmasi pendaftaran dari Panselnas, anda akan memperoleh informasi Portal Instansi yang sudah anda pilih. Untuk tahap pendaftaran selanjutnya anda akan menggunakan Situs atau Portal Instansi sebagai sumber Informasi atau pengumuman jadwal dan lokasi tempat pelaksanaan Ujian CAT CPNS baik Tes Kompetensi Dasar ( TKD ) ataupun Tes Kompetensi Bidang ( TKB )



Anda harus tetap berhati - hati terhadap penipuan. Kenali Modus dan Bentuk Penipuan Calo CPNS yang menawarkan anda bisa lulus CPNS dengan membayar uang ratusan juta.

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini