Saturday, 9 May 2015

APLIKASI KARTU PELAJAR YANG BISA DI EDIT

Dunia pendataan menyajikan tantangan bagi kita untuk kita pelajari dan kita kuasai. Banyak kegiatan pendataan yang dikerjakan OPS, mulai dari dari pendataan pokok sampai pendataan atau administrasi ringan yang ada di lembaga sekolah.


Menjelang tahun ajaran baru misalnya, OPS ikut serta dalam penerimaan peserta didik baru. Pada awal tahun ajaran baru sekolah menerbitkan Kartu Pelajar untuk peserta didik baru, Kartu Perpustakaan, Kartu OSIS dll.

Kali ini team admin mempersembahkan aplikasi sederhana untuk membantu teman-teman OPS untuk membuat kartu yang diinginkan sendiri. Lebih mudah pengoperasiannya, dapat dikerjakan sendiri di sekolah dan di cetak sendiri di sekolah melalui printer.
APLIKASI KARTU PELAJAR YANG BISA DI EDITAplikasi ini di lengkapi dengan kolom Kop Sekolah dan jenis Kartu yang bisa di edit. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Isian bagian belakang kartu juga bisa disesuikan dengan keinginan dan kegunaan kartu tersebut.



LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN APLIKASI KARTU PELAJAR
  • Download dulu aplikasinya DARI SINI. Silakan klik tulisan DARI SINI dan ikuti linknya, ketika masuk di adfly, tunggu sejenak hingga muncul SKIP ADD, klik SKIP ADD dan akan masuk ke link download dan lanjutkan proses download.
  • Aplikasi yang sudah didownload dalam bentuk file zip. Klik dua kali file tersebut dan lakukan Extract all, maka file akan terekstrak menjadi satu folder. Folder yang berisi aplikasi tadi bisa dipindahkan ke drive lain jika diinginkan, atau tetap di C. Aplikasi ini bisa berjalan dari semua drive dan semua windows baik 32 bit maupun 64 bit.
  • Langkah selanjutnya adalah mengisi data siswa pada file excel yang sudah kami sertakan formatnya. Silakan diisikan di file tersebut. Untuk mempermudah pengisian dapat dilakukan copy paste dari data Peserta Didik yang dapat diambil dari file hasil download dari progress pengiriman Dapodik.
  • Jangan lupa edit kop sekolah sesuai sekolah masing-masing dan mengisi jenis kartu yang diinginkan pada kolom yang tersedia. Di bagian belakang kartu juga dapat ditambahkan catatan penting yang perlu di sematkan. Setelah selesai silakan di save dan tutup aplikasi excelnya.
  • Siapkan juga file logo sekolah atau logo yang diinginkan serta foto-foto siswa yang akan kita buatkan kartu pelajar. File foto dan logo bisa dibuatkan folder sendiri di dalam folder aplikasi tadi agar tidak bercampur dengan hasil cetak kartunya nanti.
  • Jalankan aplikasi, maka akan muncul tampilan seperti gambar di atas. Klik PILIH FILE EXCEL untuk mengambil data siswa dan pilih file excel yang tadi telah kita buat. Jika file excel berhasil di dibaca maka akan muncul data siswa, gunakan tombol PREV dan NEXT untuk memilih nama siswa yang akan di cetak.
  • Klik tombol ADD LOGO untuk menambahkan logo dan ADD PHOTO untuk memasukkan foto siswa. Gunakan ukuran foto 200 pixel x 250 pixel.
  • Langkah selanjutnya adalah klik tombol SIMPAN. File kartu pelajar akan tersimpan dalam satu folder dengan aplikasi dengan nama file NamaPD.JPG.
  • Untuk pencetakan, silakan gunakan aplikasi word untuk mencetak melalui printer.

Demikian, aplikasi ini semoga bisa memberikan manfaat bagi teman-teman, membantu menyelesaikan tugas teman-teman dalam kegiatan pendataan. Tetap semangat ya...

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini