Friday, 17 April 2015

Trik Ampuh Mengatasi IDM Berhenti Download di 99 Persen


Trik Ampuh Mengatasi IDM Berhenti Download di 99 Persen
Siapa yang tidak jengkel ketika mendownload suatu file (pada umumnya berukuran besar), saat telah mencapai 99%, rupanya tiba-tiba tidak jalan atau bahkan muncul peringatan error. Saat ingin di-resume kembali, tetap saja stuck di 99%. Biasanya proses tersebut disebabkan oleh koneksi internet yang fluktuatif atau naik turun. Seperti diketahui bahwa agar IDM dapat mendownload sebuah file dengan cepat, maka Ia harus membagi satu file tersebut menjadi beberapa bagian (part). Nah gagalnya kegiatan download kita dapat disebabkan oleh satu atau lebih dari part tersebut mengalami corrupt akibat koneksi yang tersendat.
Ikuti cara berikut agar kamu dapat me-resume file yang didownload agar dapat selesai 100%.
Catatan: cara ini hanya dapat dilakukan kepada file melalui server yang menerima “resume download”. Selain itu, gagalnya proses download dapat disebabkan oleh banyak faktor sehingga apabila cara ini gagal, maka kamu membutuhkan cara lainnya.
  • Buka IDM kamu dan klik Downloads>Options. Di dalamnya klik tab Save to.
  • Di sana ada kolom yang berisi alamat dari Temporary Directory. Bukalah folder temporary tersebut menggunakan Windows Explorer.
  • Carilah folder dari file download-an kamu yang bermasalah. Biasanya di dalam folder tersebut kurang lebih akan ada 2 hingga 15 part (tergantung ukuran filenya). Apabila file part tersebut terlampau banyak, coba kamu buka IDM dan resume kembali download-an tersebut. Nanti akan ada part yang bersatu sehingga jumlah part di folder Temporary menjadi berkurang.
  • Setelah itu, gunakan aplikasi HJ-Split dan pecah satu part menjadi masing-masing 500 KB. (Apabila satu part tersebut berukuran 20 MB, maka kamu perlu untuk memecahnya menjadi 40 bagian sehingga masing-masing pecahan berukuran 500 KB). Jangan lupa delete file originalnya.
  • Kini sudah ada 40 bagian yang memiliki akhiran .001, .002, dan seterusnya hingga .040. Kamu tinggal mendelete pecahan yang ke .40 sehingga total pecahan menjadi 39 buah. Gabungkan kembali ke 39 pecahan tersebut menggunakan HJ-Split sehingga menjadi satu file kembali.
  • Lakukan proses ini ke part-part yang lainnya. Apabila sudah, kamu tinggal me-resume downloadnya melalui IDM deh.
Jaka harap tips ini berguna untuk menyelesaikan masalah download kamu yang selalu stuck di 99%. Apabila masih belum bisa juga, nanti Jaka akan keluarkan tips alternatif lainnya untuk membantu. Selamat mencoba!

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini