Wednesday, 8 April 2015

Pertanyaan Dapodikmen mengenai Instalasi Aplikasi, Prefill dan Regristrasi

Dapodikmen | sobat operator semua dalam melakukan aktifitas kita menjadi operator sekolah dalam menggunakan aplikasi dapodikmen tentunya banyak mengalami permasalahan yang mana baik dalam entri data, instalasai aplikasi dapodikmen,prefill atau pada saat registrasi admin dapodikmen, kaitannya dengan itu semua melalui artikel singkat dari volimaniak ini bisa menjadi solusi dalam semua permasalahan dapodikmen mengenai intalasai aplikasi, prefill dan registrasi, untuk lebih jelas berikut rinciannya ;

Pertanyaan Dapodikmen mengenai Instalasi Aplikasi, Prefill dan Regristrasi


1. Mengapa saat download Prefill ukuran prefill selalu berubah ubah?

Mulai versi database 2.4.2 dilakukan perubahan struktur database yang berimbas kepada peningkatan kapasitas prefill. Sehingga untuk mendownload prefill diperlukan koneksi yang stabil. Pastikan koneksi internet stabil untuk mendapatkan file prefill yang tergenerate dengan complete.
2. Mengapa saat download prefill muncul keterangan “Data tidak ditemukan”?

Biasanya terjadi karena kesalahan kode registrasi, perhatikan dengan seksama kode registrasi, sering terjadi kesalahan saat membedakan O dengan 0 atau 1 dengan l.


3. Bagaimana jika terjadi eror php.exe gagal di eksekusi ketika proses instalasi ?
http://www.volimaniak.com/Lakukan restart PC / Laptop, masalah ini biasanya terjadi pada komputer yang menggunakan Operating System Windows XP
4. Apakah input data hanya dapat dilakukan dari 1 (satu) komputersaja, atau bisa di lakukan dari beberapa komputer?
Input data dapat dilakukan dari beberapa komputer melalui sistem client server. Caranya aplikasi Dapodikmen diinstall pada satu komputer yang bertugas sebagai server, berikutnya komputer yang lain mengakses dengan memanggil melalui browser dengan format alamat IP server dan port aplikasinya (IP:8090), contoh alamat URL untuk akses dari komputer client 192.168.1.100:8090, dimana 192.168.1.100 adalah ip server. Jangan lupa untuk menonaktifkan firewall di server . Sinkronisasi hanya dilakukan pada komputer server.
5. Bagaimana caranya memindahkan Dapodikmen ke computer/laptop lain?

Untuk memindahkan Dapodikmen ikuti langkah berikut:
  1. Lakukan sinkronisasi, pastikan tidak ada data yang gagal terkirim.
  2. Download prefiil terbaru, gunakan kode registrasi untukgenerate prefill.
  3. Install Dapodikmen di komputer yang baru
  4. Copy prefill yang baru ke dalam folder c://prefill_dapodikpada komputer baru
  5. Lakukan registrasi menggunakan user account yang sama Jika Dapodikmen sudah berhasil dipindahkan, disarankan untuk tidak menggunakan lagi Dapodikmen yang di komputer lama. Menghindari kerusakan data sekolah bersangkutan.
6. Apakah boleh pada 1 sekolah meregistrasikan Dapodikmen lebih dari 1 komputer?
Untuk 1 sekolah hanya diijinkan meregistrasikan 1 komputer sebagai server Dapodikmen, sedangkan komputer yang lain bersifat sebagai client.
7. Apakah boleh Dapodikdas dengan Dapodikmen diinstal pada satu komputer?
Disarankan tidak menginstall Dapodikmen pada komputer yang sudah terinstall dapodikdas, untuk menghindari bentrokan port.
8. Apakah boleh menggunakan prefill sekolah lain?
Prefill bersifat unik untuk masing masing sekolah, sehingga dilarang keras menggunakan prefill dari sekolah lain.
9. Bagaimana jika gagal saat registrasi ?

Ada beberapa penyebab gagal registrasi, antara lain :
  1. prefill tidak di copy ke folder C://prefill_dapodik Browser tidak Update / menggunakan browser versi lama ( direkomendasikan mozilla firefox atau google chrome)
  2. Kesalahan Kode Registrasi. Pastikan Kode Registrasi sesuai, terkadang mengalami kesalahan saat membedakan antara 1 dengan l atau 0 dengan O.
  3. Nama Prefill Berubah. Pastikan nama prefill tidak terdapat penambahan seperti (),contoh
  4. 400ba03dc245ed98f42ae2ee79a4f4e4(1) , penambahan (1) diakibatkan karena mendownload prefill lebih dari satu kali, jika menemukan perubahan nama silahkan hapus penambahan nama prefill
10. Apakah boleh mendaftarkan email lebih dari satu sebagai user Dapodikmen?
Boleh selama email tersebut tidak digunakan juga oleh sekolah lain. Penambahan pengguna bisa dilakukan melalui menu manajemen pengguna di beranda.
11. Pada kasus install ulang, setelah registrasi data sekolah kembali ke data awal.

Solusi:
  1. Jika user operator menggunakan data prefill lama, maka harusb dilakukan cek data di http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/ untuk memastikan bahwa data sudah ada di server Dapodikmen.
  2. Jika data sudah ada di server, maka harus dilakukan generate prefil baru.
  3. Kemudian file prefill baru diletakkan di folder C:\prefill_dapodik.
  4. Lakukan registrasi dengan user account yang sama.
12. Mengapa File prefill c:/prefill_dapodik menjadi hilang saat selesai regristrasi ?
File prefill dihilangkan oleh tim pengembangan karena file prefill ini seringkali diasumsikan oleh operator sebagai data backup
13. Setelah berhasil registrasi dan login mengapa jumlah data yang tampil di Dapodikmen tidak sesuai dengan jumlah data yang tampil saat melakukan download prefill?
Jumlah data yang tampil pada saat mendownload prefill mencerminkan kondisi umum database untuk sekolah bersangkutan. Jumlah yang tampil tersebut tidak bisa digunakan sebagai acuan jumlah data. Sehingga wajar apabila jumlah datanya berbeda. Jumlah data yang diakui adalah sesuai dengan yang tampil pada Dapodikmen.
14. Mengapa pada pilihan periode muncul Genap / Nan ?
muncul Genap / Nan pada pilihan periode disebabkan karena service untuk database Dapodikmen tidak berjalan sebagaimana mestinya. Solusinya dengan menjalankan/restart service dari DapodikmenDB. Caranya, masuk control panel >> Administrative tools >> Services >>start DapodikmenDB Penyebab permasalahan ini biasanya karena antivirus yang menghalangi kinerja service database, maka disarankan untuk disable antivirus untuk sementara pada waktu installasi.

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini