Tuesday, 21 April 2015

Membuat Aplikasi Identitas Siswa Beserta Foto di Excel


Membuat Aplikasi Identitas Siswa Beserta Foto di Excel
Cara Membuat Aplikasi Identitas Siswa Beserta Foto di Excel ini merupakan final dari segala panduan membuat database siswa yang Arminaven share dan telah mencapai sedikit titik kesempurnaan dalam PSB (Penerimaan Santri Baru) Bustanul Arifin. Setelah meramu berbagai cara dari google. akhirnya Malie akan berbagi bagaimana cara mudah membuat aplikasi database siswayang mencantumkan biodata atau identitas santri / siswa beserta dengan foto (photo) atau gambarnya. sehingga memberi kesan hal yang lebih lengkap. 
Berikut ini langkah langkah bagaimana cara Membuat Aplikasi Identitas Siswa Beserta Foto di Excel

Siapkan pas foto dengan ukuran 3x4 sebanyak 3 buah, anda bisa mengedit photo untuk database identitas siswa ini dengan menggunakan corel draw atau software editing lainnya.

selanjutnya buat lah lembar kerja excel anda dengan nama sheet berikut ini :
a. PROFIL
b. DATABASE
c. FOTO
lembar kerja excel

di sheet DATABASE, buatlah tabel seperti berikut ini :
A. NO
B. ID
C. NAMA
D. WEBSITE


sheet DATABASE
Karena ini adalah sebuah pembelajaran semata, maka tabel yang Malie buat hanya seperti diatas, untuk selanjutnya sobat bisa menambahkan data lainnya sesuai dengan kebutuhan, sebagai contoh tempat tanggal lahir, nama ayah, nama ibu, pendidikan, pengalaman, dan selainnya. yang penting sesuai kebutuhan aja.

Selanjutnya sobat web Download Ebook Komputer beralih ke sheet PROFIL. silahkan desain sebagus mungkin. Lalu di sheet profil ini kita masukkan rumus vlookup yang akan memanggil data dari sheet DATABASE. Pemanggilan berdasarkan ID,  penginputan ID di cell E3 dan memasukkan rumus di cell E4 untuk pemanggilan tabel nama dengan rumus berikut ini :

=VLOOKUP(E3;DATABASE!$B$2:$C$100;2;FALSE)

sheet PROFIL
KETERANGAN :

E3;  = ID YANG DIPANGGIL

DATABASE!  = SUMBER SHEET DATA YANG DIPANGGIL

$B$2 = PEMANGGILAN DATA DIMULAI DARI SHEET “DATABASE” KOLOM “B” DI BARIS KE “2”. TEPATNYA YANG DIPANGGIL ADALAH ID “A01”

:$C$100 = DATA KOLOM YANG DITAMPILKAN YAITU PADA KOLOM “C”. ANGKA 100” ADALAH BAGIAN DATA YANG DIPANGGIL, JIKA ANDA MILIKI DATA YANG MENCAPAI 500 ATAU SELAINNYA, MAKA TINGGAL MENGGANTINYA. 

;2; = DATA YANG DITAMPILKAN ADALAH KOLOM KEDUA DARI “ID”. TEPATNYA KOLOM NAMA.

FORMULA UNTUK MEMANGGIL DATA WEBSITE:
KETIK RUMUS BERIKUT DI BARIS WEBSITE DI SHEET PROFIL:

=VLOOKUP(E3;DATABASE!$B$2:$D$100;3;FALSE)

PENJELASAN WEBSITE SAMA SEPERTI PEMANGGILAN NAMA. SAAT MENGINPUT “ID” DI CELL E3 MAKA DATA YANG DITAMPILKAN ADALAH KOLOM KE 3 DARI E3 YANG BERADA DI KOLOM “D” TEPATNYA PADA BAGIAN “WEBSITE” DENGAN DEMIKIAN, UNTUK MENAMBAH DATA LAIN YANG AKAN DITAMPILKAN DI PROFIL, TINGGAL MENAMBAHKAN  :$D$100;3; MENJADI :$E$100;4; DAN SETERUSNYA

Selanjutnya kita menuju sheet FOTO.
DI SHEET FOTO, BUAT TABEL NO ID NAMA DAN FOTO, DAN LAKUKAN PEMANGGILAN OTOMATIS DENGAN CARA KETIK 
=(KLIK CELL NOMOR DAN ENTER)
CONTOH :

=DATABASE!A2

ANDA TINGGAL MENGCOPY RUMUS TERSEBUT KE KOLOM NAMA DAN FOTO.
INSERT FOTO ANDA atau sisipkan, cara anda langsung menuju menu ribbon insert - picture. UNTUK LEBAR KOLOM FOTO SESUAIKAN DENGAN UKURAN FOTO ANDA. YAITU UKURAN 3X4.

 sheet FOTO
SETELAH ANDA INSERT FOTONYA. DAN DISESUAIKAN UKURAN KOLOM. SELANJUTNYA KLIK KOLOM DAN YANG BERISI FOTO LALU PILIH COPY. yang adan klik bukan fotonya tetapi cell fotonya. SELANJUTNYA BUKA SHEET PROFIL. DAN PILIH DI MENU HOME, PASTE  - AS – PASTE PICUTURE LINK.

FOTO SUDAH MUNCUL. NAMUN BELUM BISA DIGANTI SECARA OTOMATIS.
KEMUDIAN MENUJU RIBON FORMULAS  -  DEFINE NAME
LALU isi seperti berikut ini

 NAME = FOTO
REFERS TO GANTI DENGAN RUMUS BERIKUT :
=INDEX(BLOK SEMUA FOTO DI SHEET FOTO;MATCH(KLIK NAMA DI SHEET PROFIL; BLOK KOLOM NAMA DI SHEET FOTO;0))

SEHINGGA MENJADI SEPERTI BERIKUT INI:

=INDEX(FOTO!$D$2:$D$5;MATCH(PROFIL!$E$4;+FOTO!$C$2:$C$4;0))

SEKARANG KLIK FOTO YANG ADA DI sheet PROFIL, DAN GANTI NAMA BARNYA "=FOTO!$D$2" MENJADI NAMA YANG DIBUAT DI DEFINE NAME YAITU FOTO, SEHINGGA MNJADI “=FOTO” DAN ENTER. tanpa tanda petik.

=FOTO
sekarang coba ganti cell kolom ID (E3) dengan data yang ada di sheet DATABASE. Semoga berhasil. 
Kekurangan dari menampilkan foto otomatis dengan identitas ini adalah, saat anda memperbaharui atau menambah foto di sheet foto maka akan berdampak dengan identitasnya. dalam arti yang ditampilkan di profil ada cell foto. jadi penempatan foto di sheet FOTO harus sebaris dengan data identitas yang dipanggil seperti gambar berikut ini.

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini