Wednesday, 1 April 2015

Download Google Translate Offline untuk Android

Assalamualaikum wr wb
Hay sob, apa kabar? Tentunya tetap semangat dong dalam menjalani aktivitas. Dalam dinginnya malam berteman nyamuk kali ini saya mau share sesuatu nih. Beruntung sekali bagi pengguna Android karena ada informasi yang menggembirakan. Sejak beberapa hari kemarin, Google mengupdate aplikasi terjemah bahasa-nya Google Translate sehingga bisa bekerja secara offline (tanpa koneksi internet), tentu dengan dukungan sampai 50 bahasa termasuk Indonesia.
Google Translate mungkin merupakan salah satu aplikasi terjemah bahasa yang paling baik dan lengkap saat ini, tetapi sampai saat ini fiturnya bisa dimanfaatkan hanya jika ada koneksi internet, alias harus online agar bisa menterjemahkan bahasa. Hal ini ternyata berubah, untuk pengguna Android Google Translate kini bisa digunakan offline dengan mengunduh dukungan bahasa yang diinginkan terlebih dahulu.
Dukungan untuk offline ini muncul sejak versi 2.6 (update 27 Maret 2013), dan fitur offline ini memerlukan minimal berjalan di Android 2.3 ke atas. Meski aplikasi ini sendiri bisa berjalan mulai Android versi 2.1, tetapi khusus fitur terjemah offline dan juga terjemah melalui kamera (camera input) hanya mulai Android 2.3.
Download Google Translate Offline untuk Android
Bagi sobat yang ingin menyicipi penerjemah silahkan unduh file *.apk-nya di sini: Google Translate, kemudian instal. Ukuran awal instalasi relatif kecil, hanya sekitar 5.7 MB. Tetapi tentu ini belum menyertakan bahasa dan file utama untuk mendukung translasi offline.
Untuk mengunduh bahasa tambahan (selain Inggris), silahkan buka Google Translate dan dari Menu pilih Offline Languages, Selanjutnya dari sana kita bisa memilih bahasa apa yang kita inginkan. Sebelum mulai download bahasa tambahan ini, ada konfirmasi download melalui koneksi apa. Pilih saja Wifi karena file data bahasa tersebut cukup besar, sayang pulsa kan, hehehe.

Download Google Translate Offline untuk Android

Ketika mencoba memasang Google Translate, kemudian menambahkan bahasa Indonesia, awalnya akan di download “Core files” atau file inti yang memerlukan waktu lebih lama dari ketika download aplikasinya, kemudian setelah itu baru download data bahasa Indonesia, yang lebih lama lagi karena ukurannya mencapai ratusan Mb, jadi dianjurkan sobat memakai koneksi Wifi.
Setelah dipasang, barulah Google Translate tersebut bisa kita gunakan. Tapi seperti yang dinyatakan pihak Google sendiri, bahwa hasil dari terjemahan Google Translate offline ini tidak sebagus, seakurat, selengkap dibanding dengan versi online. So, nggak masalah kan dengan adanya dukungan offline ini tentu akan semakin bermanfaat, mengingat akurasinya sepertinya masih lebih baik daripada aplikasi terjemah lainnya. Nah itulah sedikit share saya tentang download google translate offline untuk android. Semoga bermanfaat untuk sobat, tetap semangat dan salam sukses!
Wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini