Thursday, 23 April 2015

Aplikasi PKG Guru Kelas/Mapel, BK, Kasek, Wakasek,Kepala Laboratorium,Perpustakaan

Aplikasi PK Guru/PKG, Guru Kelas/Mapel, Guru Bimbingan Konseling, Kepala Sekolah, Wakasek/Wakil Kepala Sekolah, Kepala Laboratorium, Kepala Perpustakaan terangkum dalam satu aplikasi PKG berformat excel hingga tak perlu repot-repot melakukan penilaian secara terpisah tiap guru, tiap wakil kepala sekolah dan dan lainnya.
Secara umum, PK GURU/PKG memiliki 2 fungsi utama sebagai berikut, Untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Dengan demikian, profil kinerja guru sebagai gambaran kekuatan dan kelemahan guru akan teridentifikasi dan dimaknai sebagai analisis kebutuhan atau audit keterampilan untuk setiap guru, yang dapat dipergunakan sebagai basis untuk merencanakan PKB.
Baca Juga sebelumnya Aplikasi SIM PAK/Penilaian Angka Kredit Kemdikbud

Untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang dilakukannya pada tahun tersebut. Kegiatan penilaian kinerja dilakukan setiap tahun sebagai bagian dari proses pengembangan karir dan promosi guru untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsionalnya.

Hasil PK GURU diharapkan dapat bermanfaat untuk menentukan berbagai kebijakan yang terkait dengan peningkatan mutu dan kinerja guru sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan dalam menciptakan insan yang cerdas, komprehensif, dan berdaya saing tinggi. PK GURU merupakan acuan bagi sekolah/madrasah untuk menetapkan pengembangan karir dan promosi guru. Bagi guru, PK GURUmerupakan pedoman untuk mengetahui unsur-unsur kinerja yang dinilai dan merupakan sarana untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan individu dalam rangka memperbaiki kualitas kinerjanya.
Lihat PKG Jadi Syarat Tunjangan Sertifikasi

PK GURU dilakukan terhadap kompetensi guru sesuai dengan tugas pembelajaran, pembimbingan, atau tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Khusus untuk kegiatan pembelajaran atau pembimbingan, kompetensi yang dijadikan dasar untuk penilaian kinerja guru adalah kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian, sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan.

Aplikasi PKG Guru Kelas/Mapel, BK, Kasek, Wakasek,Kepala Laboratorium,Perpustakaan
Lihat tampilan aplikasi PKG disamping, dari data isian guru dan PKG untuk Kepala Sekolah atau PKKS
pada line bawah lagi ada penilaian untuk PK Guru yang memiliki tugas tambahan sebagai wakil Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, Wakasek Kesiswaan, Wakasek Sarpras dan Wakasek Humas.

Pada bagian ketiga PKG Guru Kelas/Mapel [baca Contoh Perhitungan PK Guru Kelas SDkemudian dilanjutkan dengan PK Guru Bimbingan Konseling.

Pada bagian kanan data utama untuk diisikan siapa penilai dan yang dinilai serta isian data seperti layaknya data isian pkg seperti permendiknas no 35 tahun 2010 yang terangkum dalam buku 2.

Tibalah pada PK guru dengan Tugas tambahan kepala Perpustakaan, dan Kepala laboratorium serta Kepala Program Keahlian
disertai petunjuk penggunaan agar kawan-kawan bisa menggunakannya dengan baik.
Aplikasi PKG Guru Kelas/Mapel, BK, Kasek, Wakasek,Kepala Laboratorium,Perpustakaan
dari instrumen hingga rekap nilai untuk masuk pada form angka kredit yang sudah diatur sesuai dengan aturan PK Guru yang berlaku.
Jangan lupa lembar pengamatan atau catatan fakta sebelum, selama dan setelah tersedia didalamnya hingga begitu mudah untuk melakukan penilaian kinerja guru baik dengan tugas tambahan yang beraneka macam.
Aplikasi PKG Guru Kelas/Mapel, BK, Kasek, Wakasek,Kepala Laboratorium,Perpustakaan

Bagaimana tertarik bukan dengan APLIKASI PKG Gratis ini dan silahkan bapak ibu bereksperimen guna yang mana saja dalam menu yang tersedia yang sesuai dengan penilaian kinerja guru yang dilakukan...silahkan unduh pada link dibawah ini.

Download Aplikasi PKG Guru Kelas/Mapel, BK, Kasek, Wakasek,Kepala Laboratorium,Perpustakaan, Kepala Program Keahlian DISINI


0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini