Sunday, 29 March 2015

Pembahasan Soal Nomor 31 pada Paket-paket Soal UN Kimia Tahun 2013/2014

Dalam menentukan faktor penentu laju reaksi dari gambar yang disajikan dapat dilakukan pengamatan pada faktor yang diminta (carilah pasangan nilai berbeda dari faktor yang diminta sementara faktor lain harus sama).
Misal jika laju rekasi yang hanya dipengaruhi oleh suhu saja maka carilah pasangan yang memiliki suhu berbeda tetapi faktor lainnya sama pada pasangan gambar itu.
Soal 131-1
Pembahasan:
Laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh suhu adalah nomor 1 dan 3.
t1 = 25oC dan t3 = 28oC sementara faktor selain t pada gambar 1 dan 3 nilainya sama (faktor konsentrasi dan massa CaCO3 tidak mempengaruhi laju reaksi)

Soal 2
31-2
Pembahasan:
Laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh luas permukaan adalah nomor 1 dan 2. Luas permukaan gambar 1 berupa 7 bulatan dan gambar 2 berupa 4 kotak, sementara faktor selain luas permukaan pada gambar 1 dan 3 ini  nilainya sama (konsentrasi dan pengadukan tidak mempengaruhi laju reaksi)

Soal 3
31-3
Pembahasan:
Laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh konsentrasi adalah nomor 1 dan 3. Konsentrasi gambar 1 sebesar 3 M dan konsentrasi gambar 3 sebesar 4 M. Sementara faktor selain konsentrasi pada gambar 1 dan 3 ini nilainya sama (di sini luas permukaan dan suhu tidak mempengaruhi laju reaksi)

Soal 4
31-4
Pembahasan:
Laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh suhu adalah nomor 1 dan 4, 2 dan 4, 3 dan 5, sementara faktor selain suhu pada gambar pasangan tersebut nilainya sama untuk setiap pasangan tersebut.

Soal 5
31-5
Pembahasan:
Laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh konsentrasi adalah nomor 3 dan 5 (karena konsentrasinya berbeda). Konsentrasi gambar 3 sebesar 1 M dan konsentrasi gambar 5 sebesar 2 M. Sementara  faktor selain konsentrasi pada gambar 3 dan 5 ini nilainya sama (di sini banyaknya Zn dan suhu tidak mempengaruhi laju reaksi)

Soal 6
31-6
Pembahasan:
Tidak ada jawaban yang tepat, karena tidak sesuai syarat ketentuan seperti pernyataan di awal bahasan soal ini.

Wassalam,
Zainal Abidin

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini