Friday, 20 March 2015

Panduan Belajar UN SMA Kimia 2015 - Part 1

Halo guys, terutama buat anak kelas 12, udah pada tahu blom gimana kabarnya UN atau UNAS tahun ini? Kabarnya sih UN atau UNAS tetep ada, tapi namanya agak berubah jadi Evaluasi Nasional atau disingkat ENAS. Ternyata selain berubah namanya, fungsi dari ujian ini juga berubah, yang tadinya adalah sebagai penentu kelulusan sekarang hanya sebagai bahan evaluasi aja. Jadi kelulusan siswa ditentukan oleh pihak sekolah bukan mutlak hanya dari nilai UN aja. Trus hasil dari ujian ini katanya sih yang dievaluasi bukan hanya siswa aja, tapi juga guru, sekolah, dan juga penyelenggara ujian itu sendiri. (tutor-tutor di bimbel atau di zenius kena evaluasi juga gak ya?).
Nah dengan adanya kabar ini, sebenernya beban kalian jadi gak terlalu berat ketika harus memilih manakah yang perlu diprioritaskan, belajar untuk UN dulu atau langsung fokus ke SBMPTN. Saran saya sebaiknya ketika kalian mempersiapkan menghadapi UN kimia kalian juga sekaligus mempersiapkan belajar untuk SBMPTN atau Ujian Mandiri. Loh emang bisa ?
UN-SMA-Kimia-2015
Tentu aja bisa, asal kalian ketika belajar untuk UN, kalian juga mengikuti 4 point ini:
  1. Jangan hanya menghafal rumus, tapi yang penting adalah penguasaan konsep yang mantap dan daya analisa.
  1. Bisa mengkoneksikan antara bab yang satu dengan bab lainnya. Ini penting, karena banyak siswa yang berpikiran antar bab itu gak ada hubungannya, padahal selalu ada keterkaitan antar bab yang satu dengan yang lainnya. Contohnya pada perhitungan elektrolisis itu konsep dasarnya adalah stoikiometri. Trus materi larutan buffer, hidrolisis, dan kelarutan itu semua konsep dasarnya adalah kesetimbangan kimia.
  1. Melatih kreativitas dalam menyelesaikan soal. Untuk hal ini ada latihannya, coba deh ketika kalian ngerjain soal trus dah dapet jawabannya, trus coba kalian gali lagi kira kira ada cara lain gak untuk memecahkan soal tersebut. Kadang kadang ada soal yang bisa dicari jawaban dengan sudut pandang yang berbeda beda tapi nanti hasilnya akan sama.
  1. Memiliki penguasaan fundamental skills dan basic knowledge yang bagus, terutama dasar-dasar matematika. Nah jika kita memiliki fundamental skills dan basic knowledge yang mantap tentu kita akan lebih mudah memahami materi yang akan kita pelajari nantinya. Contohnya nih kalo saya tanya tentang bagaimana suatu molekul bisa bersifat polar atau non- polar, pasti banyak yang menjawab molekul polar atau non-polar dilihat dari ada tidaknya pasangan elektron bebas dan biasanya itu dihapal doang. Padahal kepolaran suatu molekul itu bisa mudah kita pahami jika dijelaskan dengan konsep vektor.
Oke itulah keempat point yang saya kira perlu kalian perhatikan. Yakin deh,kalo kalian nguasain konsep dengan bener, pasti bisa deh ngerjain soal soal UN. Trus gimana dong kalo ada yang tetep kekeuh untuk fokus ke UN aja dulu? Boleh saja, kan tiap orang beda beda pemikirannya. Nah, buat kalian yang emang dari awal mau lebih memprioritaskan buat belajar SBMPTN, sebelumnya saya juga sudah pernah menulis panduan belajar belajar untuk SBMPTN Kimia di link berikut ini:

>> Panduan Belajar Menghadapi SBMPTN Kimia 2015 <<

Oke deh sekarang untuk artikel ini saya akan coba bahas mengenai panduan persiapan belajar untuk menghadapi UN Kimia SMA yah. Beberapa tahun ini, kalau dilihat dari komposisinya materi kelas 12 persentasenya hampir sama dengan kelas 11 yaitu masing masing 40%, sedangkan untuk kelas 10 hanya sekitar 20 % saja. Perlu kamu ketahui juga bahwa setiap tahun pemerintah melalui BNSP selalu ngeluarin kisi-kisi materi UN yang akan diujikan, dan selama ini kisi-kisi ini gak berubah dari tahun ke tahun. Dalam kisi-kisi tesebut istilahnya merupakan standard minimum evaluasi pemahaman kalian untuk bisa dinyatakan sebagai siswa lulusan SMA.
Berikut ini akan kita ulas masing-masing indikator yang terdapat dalam kisi-kisi materi kimia. Langsung aja yaaaa…

1. Menentukan notasi unsur

Okay, materi kisi-kisi yang pertama adalah menentukan notasi unsur dan kaitannya dengan struktur atom, konfigurasi elektron, jenis ikatan, rumus molekul, bentuk molekul dan sifat senyawa. Nah, apa aja nih yang mesti disiapkan dan apa aja yang mungkin ditanya, bisa liat di bawah ini:

I. Konfigurasi electron suatu atom dan ion, baik yang spdf (mekanika kuantum) atau KLMN (Bohr), dan jangan lupa cara menyingkat konfigurasi elektron dengan menggunakan gas mulia.

II. Menentukan letak suatu unsur dalam sistem periodik

III. Membuat struktur Lewis dari suatu molekul

IV. Menentukan jenis ikatan yang terjadi antara 2 unsur (ionik dan kovalen) dan rumus kimia yang terjadi.

V. Menentukan bentuk molekul dan sifat molekul tesebut (polar dan non polar)


2. Mendeskripsikan jenis ikatan atau gaya antar molekul dan sifat-sifat.

Untuk mendiskripsikan jenis ikatan atau gaya antar molekul, biasanya kamu bisa identifikasikan dari data titik didih, daya hantar listrik, kelarutan dalam air untuk kemudian diminta menentukan jenis ikatan kimianya, contoh soalnya bisa dilihat berikut ini:
Selain itu kamu juga harus bisa menentukan gaya antar molekul yang terjadi dan mengurutkan titik didih beberapa senyawa berdasarkan gaya antar molekul yang terjadi.

3. Menyelesaikan perhitungan kimia yang berkaitan dengan hukum dasar kimia.

I. Pemahaman tentang hukum dasar kimia, yaitu:

Berikut adalah beberapa contoh soal terkait materi di atas:

II. Pemahaman mengenai konsep mol dan penggunaannya dalam persamaan reaksi

Dalam memahami konsep ini, kamu bisa mencoba membuka beberapa materi video zenius tentang Konsep Mol & Penggunaan konsep mol dalam persamaan reaksi. Sedangkan, contoh soal dalam UN yang bisa kamu coba adalah berikut ini:

4. Menjelaskan persamaan suatu reaksi kimia

Naah…pada indikator ini kamu perlu menguasai cara membuat persamaan reaksi jika diketahui nama-nama dari reaktan dan produknya. Contohnya Soal UN Kimia SMA 2008 no 6,  Soal UN Kimia SMA 2009 no 7, dan Soal UN Kimia SMA 2014 no 7. Kalo kalian belum paham tentang penamaan senyawa-senyawa anorganik bisa buka materi ini di zenius.net >> Penamaan Senyawa Anorganik

5. Mendeskripsikan daya hantar listrik

Soal untuk indikator ini biasanya diminta untuk mengidentifikasikan suatu larutan elektrolit kuat, elektrolit lemah, dan non elektrolit. Contoh soal dalam UN Soal UN 2013 no 10  dan Soal UN 2014 no 8

6. Mendeskripsikan konsep pH larutan.

Yang mesti menjadi fokus kalian pada inikator ini adalah:
Jika kalian pingin lebih paham gimana caranya menentukan pH dari larutan asam kuat/lemah, larutan basa kuat/lemah, campuran asam kuat-basa kuat, langsung aja buka teori larutan asam-basa di zenius.net.

7. Menjelaskan tritrasi asam-basa.

Titrasi adalah cara penentuan kadar suatu zat atau konsentrasi suatu larutan dengan menggunakan larutan standart (larutan yang sudah diketahui konsentrasinya). Teori selengkapnya untuk materi Titrasi Asam-Basa ini udah lengkap ada di zenius.net. Sementara untuk soal pada materi ini ini, minimal kamu harus menguasai konsep:

8. Mendeskripsikan sifat larutan buffer/penyangga.

Untuk materi ini, di zenius.net udah tersedia lengkap semua video pembahasan materi larutan buffer yang perlu kalian pelajari. Dalam materi ini, yang perlu kalian perhatikan adalah kedua hal ini

I. Mengidentifikasi suatu larutan buffer, contoh soal

II. Menentukan pH suatu larutan buffer, contoh soal


9. Mendeskripsikan hidrolisis garam dan Ksp

Untuk lebih memahami tentang hidrolisis garam, kalian bisa buka Bab Hidrolisis. Sedangkan teori mengenai kelarutan dan Ksp juga bisa kalian liat di zenius.net. Berikut adalah beberapa contoh soal yang berhubungan dengan hidrolisis garam dan ksp:

I. Identifikasi suatu garam yang mengalami hidrolisis, contoh soal:

II. pH suatu larutan yang mengalami hidrolisis, contoh soal:

Berikut ini adalah contoh soal yang berhubungan dengan materi Ksp:
  1. Kelarutan garam dalam air dan urutan kelarutan beberapa garam. Contoh Soal UN Kimia SMA 2012 no 9
  2. Kelarutan garam dalam larutan yang sudah ada ion sejenis. Contoh Soal UN Kimia SMA 2008 No 12
  3. Reaksi pengendapan. Contoh
Nah pada soal UN 2014, soal yang muncul itu menggabungkan antara konsep Ksp dengan konsep hidrolisis. Coba kalian lihat di sini >> Soal UN Kimia SMA 2014 no 13

10. Mendeskripsikan sistem dan sifat koloid serta penerapannya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan untuk materi point ini:

11. Mendeskripsikan sifat-sifat koligatif larutan.

Apa aja yang harus dipersiapkan pada indikator ini?
  1. Kemampuan membaca grafik/diagram fase. Contoh soal UN Kimia SMA 2009 No 17
  2. Membandingkan titik didih, titik beku, tekanan uap, atau tekanan osmotik beberapa larutan. Contoh Soal UN Kimia SMA 2013 No 16 dan Soal UN Kimia SMA 2008 No 13
  3. Aplikasi dari sifat-sifat kologatif. Contoh Soal UN Kimia SMA 2012 No 8 , Soal UN Kimia SMA 2013 No 17, da Soal UN Kimia SMA 2014 no 14


0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini