Sunday, 22 March 2015

OPTIMALISASI PENGGUNAAN KALZIUM



OPTIMALISASI PENGGUNAAN KALZIUM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA (bagian 2)

Tool Plot Data pada Kalzium

Saya telah mencari terjemahan kata plot tapi tidak ada yang sesuai dengan konteks bahasan kali ini. Jadi tetap saya gunakan saja kata plot.
Untuk menuju tool Plot Data, silahkan buka aplikasi Kalzium, klik menu Tool dan pilih Plot Data. Pada tool ini dapat dilakukan pem-plot-an antara sumbu X dan Y (dalam sebuah grafik) beberapa sifat periodik unsur untuk melihat kecenderungan suatu unsur.
Bagian sumbu X dan Y terdapat nomor atom (Atomic Number), massa atom (Mass), elektronegatifitas (Electronegativity), titik lebur (Melting Point), titik didih (Boiling Point), jari-jari atom (Atomic Radius), dan jari-jari kovalen (Covalent Radius).
Misalnya kita akan mem-plot nomor atom pada sumbu X terhadap kelektronegatifan pada sumbu Y, kita bisa melihat kecenderungan keelektronegatifan berdasarkan kenaikan nomor atom untuk rentang nomor atom tertentu. Dicontohkan kita ingin melihat kecenderungan unsur pada periode 2 (nomor atomnya 3-10), maka pada sumbu X kita pilih nomor atom dan pada sumbu Y kita pilih keelektronegatifan.
Sebelum melakukan pem-plot-an tentukan terlebih dahulu First element dan Last elementdengan mengetikan angka atau menekan tanda panah atas-bawah. Atur juga bagianDisplay (Tampilan), apakah kita ingin menampilkan label (nama unsur atau simbol unsur) pada titik-titik plot atau dibiarkan kosong tanpa label.
Selain itu kita juga masih diberikan pilihan untuk menampilkan Element Type (jenis unsur): logam (Metal), non logam/metaloid, unsur blok s, unsur blok p, unsur blok d, unsur blok f, gas mulia, logam alkali, logam alkali tanah, lantanida, aktanida, serta unsur-unsur radioaktif.
Warna latar untuk Plot Data secara default adalah hitam, sampai saat ini saya belum bisa mengubahnya.
Pokok bahasan yang bisa memanfaatkan Plot Data ini antara lain:
Ø  Sistem periodik unsur (sifat periodik unsur). Di sini kita bisa mempelajari tentang berbagai kecenderungan unsur dengan naiknya nomor atom, atau dalam jenis unsur tertentu (logam-non logam, masing-masing blok, golongan)
Ø  Ikatan kimia (ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan logam). Bahasan ikatan kimia bisa memanfaatkan data elektronegativitas untuk menentukan kemungkinan suatu unsur membentuk ikatan dengan unsur lainnya. Apakah mereka akan membentuk ikatan ion, ikatan kovalen, atau ikatan logam.
Ø  Kimia unsur (kelimpahan unsur). Beberapa karakteristik unsur juga bisa dipelajari dengan menggunakan plot data Kalzium ini.
Ø  Pokok bahasan lain yang memerlukan plot data unsur-unsur.
Disarankan juga untuk menggunakan fitur lain pada Kalzium untuk mendapatkan kemanfaatan lebih.
Tulisan ini (bagian-2) merupakan tulisan berseri dari tulisan sebelumnya Optimalisasi Penggunaan Kalzium dalam Pembelajaran Kimia Bagian-1. Akan berlanjut pada bagian berikutnya.
Untuk lebih jelasnya mari kita kunjungi alamta website ini :
http://www.ziddu.com/download/23434370/CARAMENGGUNAKANAPLIKASIKALZIUM.docx.html

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini