Tuesday, 31 March 2015

Mengedit PDF Semudah Mengetik MS Word

Bisakah file PDF diedit baik teks maupun gambarnya? Jawabnya tentu bisa, bahkan sangat mudah. Format file PDF memang sangat unik, berbeda dengan file lainnya. Sekilas file pdf nampak seperti gambar statis yang sifatnya permanen atau tidak dapat diubah lagi. Selain itu PDF tidak memiliki source seperti file HTML yang terdiri dari source teks itu sendiri, gambar dan javascript. Tapi meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan untuk mengedit PDF.
Kenyataannya kita dapat dengan mudah mengedit PDF semudah mengetik MS Word. Ya, baik teks maupun gambar di dalam file PDF dapat kita ubah, edit dan ganti dari mulai paragraf, kata perkata hingga huruf per huruf. Dengan begitu kita dapat menulis dan mengedit ulang file PDF tanpa harus membuat dari awal. Terkecuali untuk gambar, kita tahu bahwa gambar tidak dapat diedit seperti teks tetapi harus diubah terpisah misalnya menggunakan Adobe Photoshop. Adapun jika sudah diedit kita bisa mengganti gambar lama dengan gambar baru tersebut.
Adalah software Infix PDF Editor buatan Iceni, software ini mampu mengedit teks dalam PDF seperti mengedit teks pada MS Word. Setidaknya berikut adalah fitur utama Infix PDF Editor:
  1. Mampu mengedit teks seperti MS Word.
  2. Bisa edit semua komponen PDF baik teks, ukuran teks, tipe atau jenis teks, gambar dan lain-lain.
  3. Selain untuk mengedit pdf bisa juga untuk membuat file PDF dari dokumen apa saja (membuat PDF dengan MS Office).
  4. Teks hasil editan bisa dirapihkan sehingga tidak nampak berbeda dengan versi aslinya.
  5. Mampu mengekstrak dan menyalin gambar dari PDF.
  6. Terdapat fitur search and replace, fitur ini sangat berguna misalnya untuk mencari kesalahan penulisan dan menggantinya secara otomatis.
  7. Salah satu fitur uniknya adalah Tool penerjemah yang memungkinkan untuk mengexport file PDF menjadi XML untuk diterjemahkan dan diaplikasikan ulang pada file PDF.
Dari sekian banyak software pembuat atau pembaca PDF, tidak semuanya dapat mengedit secara menyeluruh apalagi kata perkata seperti software ini. So, untuk urusan edit pdf saya recommend banget aplikasi yang satu ini. Untuk mendapatkan softwarenya silahkan cari aja di google ya yang full version juga sudah banyak atau kunjungi http://www.iceni.com/ untuk info selengkapnya. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini