Tuesday, 31 March 2015

Disable Program Windows yang Menyedot Kuota Internet

Sering kita tidak sadar bahwa windows menyedot kuota internet secara diam-diam. Lebih dari itu, ukuran data atau kuota internet yang tersedotpun ukurannya lumayan besar, tidak jarang hingga puluhan megabytes (MB). Mungkin tidak masalah jika internet yang dipakai adalah internet kantor, sekolah atau internet gratisan. Namun lain halnya jika kuota internet kita adalah paket data internet yang kita beli sendiri. Kita tahu, saat ini paket data internet yang ditawarkan oleh berbagai operator masih terbilang mahal, maka kehilangan data tanpa manfaat yang jelas tentu sangat menyebalkan. Lalu bagaimana cara menghemat atau supaya irit dalam memakai kuota internet, kali ini saya akan membahas beberapa program windows yang menyedot kuota internet dan cara mencegahnya.
Program Windows yang Menyedot Kuota InternetAda banyak aplikasi windows yang dapat menyedot kuota internet atau bandwidth tanpa kita sadari. Disamping beberapa program/ software yang menggunakan data internet secara jelas seperti browser, download manager, atau aplikasi chatting; Windows juga diam-diam mengambil jatah bandwidth atau data internet kita untuk mengirim (unggah) dan mendownload data untuk berbagai macam kebutuhan seperti windows update, update data widget (cuaca, mail, news), laporan customer experience, hingga windows error reporting dan diagnostic. Secara default aplikasi-aplikasi ini aktif tanpa sepengetahuan kita dan berjalan terus-menerus di background atau belakang layar. Nah untuk mengetahui apa saja program windows yang menyedot kuota internet, maka saya klasifikasikan program-program tersebut ke dalam 3 bagian yaitu Windows Services, Task Scheduler, dan fitur/ opsi auto update pada setiap program.

Disable Windows Services yang Menyedot Data Internet

Tidak semua windows services mutlak diperlukan, terutama bagi komputer yang tak terhubung dengan network, tak menggunakan printer, atau komputer yang berjalan sendiri tanpa terhubung dengan perangkat multimedia lain. Selain itu sebagian windows services yang tidak diperlukan justru hanya membuat komputer lambat, baca cara menonaktifkan windows services dan mempercepat PC. Sebagian lainnya justru malah mencuri data internet. Nah, beberapa windows services yang menyedot kuota internet bisa dimatikan saja, berikut diantaranya:
Background Intelligent Transfer Service (BITS)
BITS ini berfungsi untuk melakukan transfer file di belakang layar menggunakan bandwidth/ data internet yang sedang nganggur alias tidak terpakai. BITS ini juga memiliki dependency (ketergantungan) dan menunjang fungsi Windows Update. Jelas BITS ini akan menyita data internet dan membuat boros kuota. Untuk mematikannya jalankan Run atau tekan tombol Start + R lalu ketik “services.msc” » setelah itu cari Background Intelligent Transfer Service lalu buka propertinya (klik dua kali) » pada kolom Startup Type pilih Disabled dan matikan services ini dengan mengklik tombol stop (jika sedang berjalan) lalu klik Apply dan OK.
Windows Update, Windows services ini jelas-jelas mengambil data internet untuk melakukan pembaruan atau update sistem secara terus menerus untuk menutupi celah keamanan pada windows. Cara mematikannya sama dengan cara di atas, atau untuk lebih rincinya bisa mengacu pada artikel tiga cara mematikan Windows Automatic Updates.
IP Helper, IP Helper hanya dipakai untuk jenis koneksi yang menggunakan IPv6, sementara kebanyakan komputer yang terhubung internet hanya menggunakan jenis koneksi IPv4. Jadi lebih baik IP Helper ini dimatika saja.
Windows Messenger
Windows Messenger adalah aplikasi messenger atau IM bawaan asli windows. Untuk versi windows terbaru, services dan fitur windows messenger ini sudah tidak dipakai lagi. Adapun bagi pengguna Windows XP, windows messenger ini bisa dimatikan secara manual dan mengganti IM-nya dengan yang lebih lengkap seperti YM, Skype dan lain-lain.

Mematikan Task Scheduler yang Menyita Data Internet

Selain windows services, aplikasi atau program yang bekerja di belakang layar lainnya yaitu task scheduler juga bisa menyedot data internet. Silahkan ketik “schedule” pada pencarian di menu Start, setelah itu klik Task Scheduler. Di sana akan ditampilkan beberapa “Active Task” atau tugas aktif yang akan berjalan pada waktu-waktu tertentu sesuai jadwal. Beberapa di antara task tersebut akan menggunakan data internet, biasanya task yang berkategori updater. Task ini bisa terdiri dari aplikasi bawaan windows atau task yang dibuat oleh program pihak ketiga (software instalan). Untuk menon-aktifkan task schedule tersebut, klik dua kali pada nama task lalu klik kanan dan pilih disable. Silahkan pelajari terlebih dahulu fungsi dan kegunaan task scheduler tersebut sebelum mematikannya. Adapun beberapa program umum yang dari task scheduler yang memakai data internet diataranya: customer experience improvement, UsbCeip, KernelCeipTask, Consolidator, BthSQM, Routine Maintenacetak Skydrive (Windows 8), NetworkStateChangeTask, DiskDiagnosticDataCollector, dan lain lain terutama aplikasi jadwal update software instalan seperti Google chrome Update dan aplikasi sejenisnya.

Menonaktifkan Opsi Auto Update pada Tiap Program

Selain windows services dan task scheduler, program yang dapat menyedot kuota internet juga ada pada setiap program pihak ketiga yaitu program non windows yang kita install. Program-program tersebut biasanya dapat terkoneksi ke internet untuk melakukan dua hal yaitu hanya melakukan update check dan automatic update. Bedanya, update check hanya berfungsi untuk mencari informasi bahwa software bersangkutan memiliki versi terbaru dan fitur ini tidak memakai data internet yang besar. Sementara automatic update atau pembaharuan otomatis biasanya melakukan pembaruan program secara keseluruhan, sehingga data internet yang terbuangpun lumayan besar. Biasanya program yang melakukan update otomatis secara total ini adalah program-program gratis atau opensource seperti browser, FTP manager dan program gratis lainnya. Lebih lengkapnya berikut beberapa program yang mengambil data internet dan cara mencegah update pada setiap program.
Mematikan Update Google Chrome, Chrome secara berkala melakukan cek update sekaligus mengupdate secara otomatis sehingga jelas ini akan menyedot kuota internet kita, padahal tidak semua update mutlak diperlukan. Untuk mematikan update chrome ini silahkan simak penjelasan detailnya pada cara mematikan update chrome.
Disable Update Otomatis Mozilla Firefox, sama seperti halnya Google Chrome, Firefox juga melakukan update otomatis. Untuk cara menghentikan update otomatis ini bisa dilakukan di awal pada saat pemasangan atau instal firefox, usahakan ketika menginstal memilih opsi custom dan ketika muncul pilihan “Instal Firefox Maintenance” jangan pilih opsi tersebut lalu instal seperti biasa. Adapun jika sudah terlanjur terpasang, Anda bisa mematikan update firefox dengan langkah berikut: Klik menu utama » Options, setelah itu pilih tab “Advance” » pilih tab Update » pilih “Never Check for Updates” dan OK.
Cara Mematikan Adobe Update, Sedikit berbeda dengan cara sebelumnya. Untuk disable update pada Adobe anda bisa menghapus file yang melakukan update ini yaitu biasanya file “AdobeUpdater.exe”. Anda bisa mencarinya pada direktori ini “C:\Program Files\Common Files\Adobe\Updater\AdobeUpdater.exe”. Setelah filenya ketemu, maka Anda bisa bisa mengganti namanya menjadi apa saja atau bisa juga menghapusnya.
Beberapa pola update otomatis setiap program akan sangat variatif dan tidak mungkin saya jelaskan seluruhnya. Tapi Anda dapat mempelajari cara umum mematikan update untuk mencegah pemborosan kuota internet. Berikut beberapa cara mematikan update otomatis setiap program:
  • Mematikan update dengan cara menonaktifkan services program yang bersangkutan. Ingat, beberapa program membuat services tersendiri dan tergabung bersama windows services lainnya. Cara mematikannya bisa dilihat pada bagian awal tulisan ini.
  • Selain Windows services, beberapa program juga membuat Task Scheduler untuk menjadwalkan update, maka periksa task schedule dan disable yang tidak diperlukan.
  • Beberapa program juga membuat agen update pada Windows Start Up, maka untuk menonaktifkannya buka Task Manager (Ctrl + Shift + Del) dan disable program yang tidak dibutuhkan.
  • Matikan opsi “update check” pada setiap program. Cara ini seperti mematikan update mozilla firefox di atas tapi opsi update akan berbeda pada setiap program. Maka cari opsi update check ini pada menu-menu “Option”, Setting, Edit, Preference, Tools dan lain-lain.
Demikian artikel kali ini tentang cara disable program windows yang menyedot kuota internet. Jika ada tambahan info, saran atau hanya berkomentar silahkan partisipasinya pada komentar di bawah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini