Tuesday, 31 March 2015

Cara Pengaturan Panel Notifikasi Android Lengkap

Panel notifikasi android adalah salah satu fitur smartphone khas android yang sangat berguna untuk mengakses fungsi-fungsi penting sebuah ponsel. Panel notifikasi atau dikenal juga sebagai status bar memberikan kemudahan akses fitur pentting seperti personalisasi profil, Wi-Fi, Bluetooth, mobile data, mobile hotspot, screen rotation, location, screen mirroring dan sync atau sinkronisasi. Pengguna android pasti tahu panel notifikasi ini secara hanya perlu mengusap bagian atas layar untuk mengaktifkannya. Yang menarik perhatian saya, karena kegunaannya yang sangat penting ini, ternyata kita dapat mengatur panel notifikasi sedemikian rupa. Sehingga kita dapat menambahkan fungsi tambahan dan mempersonalisasikannya sesuai kebutuhan penggunanya. Misalnya dengan mengubah urutan item, menambah item baru atau bahkan mengubah tampilannya.

Cara Merubah Urutan Panel Notifikasi Android

Secara default atau setting pabrikan asli, urutan panel notifikasi android terdiri dari wifi, location, sound, screen rotation dan seterusnya. Agar sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan penggunanya, kita dapat mengatur ulang urutan item tersebut sesuai keinginan kita. Berikut caranya (saya terapkan pada kitkat 4.4.4, yang lain mungkin agak berbeda):
  1. Buka Pengaturan (Settings) dan pilih menu Display (Tampilan).
  2. Geser dan cari Notification Panel, di sana akan muncul item wifi, location, sound, pengaturan kecerahan layar dan lain-lain.
  3. Untuk mengubah posisi item tersebut, pilih item yang Anda kehendaki misalnya Mobile Data. (baca juga Cara hemat Data Internet Android)
  4. Tekan “Mobile Data” beberapa detik dan pindahkan posisinya ke mana saja Anda suka.
  5. Demikan dan seterusnya.

Merubah Tampilan Panel Notifikasi (Status Bar)

Anda juga bisa merubah tampilan panel notifikasi android ini dengan style yang cukup cantik. Dan bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menambahkan shortcut dari aplikasi, kontak atau item lainnya bahkan mengubah ikonnya. Untuk mengubah tampilan panel notifikasi ini gunakan aplikasi gratis AntTek Quick Setting. Adapun untuk cara pakainya ikuti langkah berikut:
  • Buka aplikasi AntTek Quick Setting dan tekan tombol +. Pilih panel item mana yang Anda kehendaki atau Anda juga bisa menambahkan aplikasi lain ke dalamnya.
  • Untuk melihat hasilnya usap bagian atas layar seperti membuka panel notifikasi bawaan android. Atau jika ingin sedikit berbeda Anda juga bisa mengubah posisi penarikan panel ini dari setting.

Aplikasi Notifikasi Tambahan

Sejatinya fitur panel notifikasi bawaan android sudah cukup untuk mengakses fungsi utama ponsel dan aplikasi favorit Anda. Namun tidak ada salahnya pula jika Anda mencoba aplikasi notifikasi serupa. Aplikasi-aplikasi berikut ini dibuat tentunya dengan fitur lebih yang tidak ada pada panel notifikasi android asli.
Bar Launcher
Notification Toggle

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini