Tuesday, 31 March 2015

Cara Menghemat Data Internet Android tanpa Aplikasi

Kuota internet android Anda cepat habis, terpakai tidak jelas atau tersedot oleh aplikasi yang tidak terlalu penting? Ada baiknya jika Anda mengetahui cara menghemat data internet android pada artikel kali ini. Kita tahu ada begitu banyak aplikasi bawaan android meminta koneksi internet seperti Google playstore, Google+, gmail, Maps, Play Newsstand dan banyak lagi. Ditambah lagi aplikasi sosial media seperti BBM, Whatsapp, Line, Messenger, Facebook dan lain-lain. Setiap aplikasi secara default memiliki fungsi atau fitur yang berjalan sendiri secara otomatis seperti Auto Update, Notifikasi hingga iklan. Maka tidak heran jika Data internet tersedot tanpa kita inginkan oleh aplikasi tersebut.
Nah, untuk mengatasi pemborosan data internet Android dan menghemat pemakaian data internet, sebenarnya kita dapat dengan mudah melakukannya tanpa aplikasi tambahan. Fitur dalam Android sendiri sudah memungkinkan. Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan sedikit tweak settingan Android sendiri maupun pada setiap aplikasi. Catatan: lokasi setting atau pengaturan mungkin berbeda karena beberapa pengaturan di bawan ini dijalankan pada android 4.4.4 (Kitkat).
Hilangkan Ceklis Notifikasi Setiap Aplikasi
Notifikasi aplikasi ini dapat ditemukan pada Informasi aplikasi, guna dari notifikasi ini adalah untuk memberitahukan peringatan dan update otomatis yang jelas-jelas menyita data internet. Nah untuk mematikannya buka Setting atau Pengaturan » Application Manager (Pengatur Aplikasi) » pilih aplikasi yang diinginkan misalnya Facebook. Setelah informasi aplikasi muncul, hilangkan ceklis “Show Notification” atau tampilkan pemberitahuan. Jika muncul konfirmasi berupa pertanyaan klik saja OK. Dengan begini aplikasi tidak akan melakukan update sendiri, namun apabila Anda ingin melakukan update manual bisa dilakukan pada cara berikutnya.
Update Aplikasi Manual via Setting Playstore
Untuk mencegah update otomatis pada Android, selain bisa dilakukan dengan cara di atas bisa juga dilakukan melalui pengaturan Playstore. Caranya buka Playstore » pilih menu (icon 3 garis horizontal) » pilih Settings » Auto-update apps » pilih “Do not auto update” atau update dengan wi-fi. Dengan cara ini data internet Anda akan lebih hemat karena Anda bisa memilih update hanya pada aplikasi yang Anda inginkan. Adapun cara untuk update manual aplikasi Android adalah pada halaman depan playstore pilih menu (icon 3 garis horizontal) » My Apps » pilih aplikasi yang ingin diupdate.
Batasi Aplikasi Android yang Berjalan di Background
Cara ini sangat penting untuk menghemat data internet karena akan membatasi aplikasi yang berjalan di belakang layar supaya tidak menggunakan data internet. Caranya pilih Setting / Pengaturan » Data Usage (Penggunaan Data) » jika Android Anda support Dual SIM pilih SimCard yang dipakai internet » Pilih aplikasi yang dikehendaki misalnya Google+ » geser ke bawah dan ceklis “Restrict background data”, jika Ada menu konfirmasi pilih saja OK.
Ubah Setting Browser
Beberapa browser mampu mengkompres data internet dengan sangat baik, misalnya Opera Mini. Opera Mini mampu memperkecil ukuran halaman sebuah web hingga 90%, jadi jika suatu halaman aslinya sebesar 1MB maka data yang didownload dengan Opera Mini hanya 100Kb saja. Jika tidak percaya silahkan tes sendiri, klik menu utama Opera » Help » Data Usage » dan silahkan bandingkan antara original size dan Received size-nya, pasti sangat mencolok perbedaannya. Pada browser Chromepun terdapat opsi browsing hemat, meskipun tidak sebaik Opera Mini tapi tetap layak dicoba. Tap menu di pojok kanan atas Chrome » Settings » Bandwidth Management » Reduce data usage dan geser slide ON untuk mengaktifkan. Selain itu untuk lebih menghemat data lagi, Anda juga bisa mematikan Javascript dan Gambar (optional)
Matikan Mobile Data di Panel Notifikasi
Ini adalah cara yang sangat mudah dilakukan dan sangat bermanfaat untuk menghemat kuota internet, tapi banyak pengguna Android kurang memanfaatkan fitur ini. Anda bisa mematikan dan mengaktifkan koneksi internet kapanpun dengan mudah melalui panel Notifikasi. Caranya swipe atau usap bagian layar ponsel Android Anda hingga panel notifikasi muncul (geser ke kiri untuk melihat semuanya), setelah itu tap atau sentuh menu “Mobile data” untuk mengaktifkan atau mematikannya. Cara ini sangat praktis dan mudah untuk mengaktifkan koneksi internet saat kita butuhkan. Untuk rincian panel notifikasi silahkan baca juga Pengaturan Panel Notifikasi Android Lengkap.
Matikan Sync (synchronization)
Cara ini juga bisa dilakukan sama seperti cara di atas, hanya saja fungsinya berbeda. Sync atau siknronisasi berguna untuk menghubungkan data pada ponsel dengan data pada akun-akun internet Anda. Fitur ini sebenarnya tidak terlalu bermanfaat kecuali Anda memang benar-benar netter sejati yang tergantung dengan akun internet terutama google. Bisa Anda bayangkan untuk satu akun google saja Anda bisa melakukan sikronisasi data untuk akun Gmail, Google Drive, Play Books, Google+, Play Newsstand, Calendar, Contacts, Photos, People, hingga data aplikasi. Saya saja gak segitu “online” kok, hehe…
Hindari Aplikasi yang Mengandung Iklan
Pilih aplikasi yang tidak menyisipkan iklan di dalamnya untuk menghemat data internet. Cari aplikasi yang serupa namun betul-betul adfree dan memiliki manfaat sama. Jika memang Anda terlanjur suka dengan aplikasi beriklan tersebut Anda bisa mengakalinya dengan menonaktifkan sementara data internet (cara di atas) ketika menjalankan aplikasi tersebut.
Monitor Pemakaian Data dan Batasi Kuota Internet
Supaya Anda tidak kecolongan data atau pulsa ,serta mengetahui aplikasi mana saja yang paling menyedot data internet. Lakukan pengecekan secara berkala dengan cara berikut: pilih Setting (Pengaturan) » Data Usage (Penggunaan Data) » dari sini Anda bisa membandingkan aplikasi mana saja yang banyak menggunakan data internet. Anda juga bisa membandingkan penggunaan internet dari hari ke hari hingga total data internet terpakai perminggu. Anda juga bisa membatasi jatah kuota internet dengan menceklis “set mobile data limit” dan menentukan berapa besar data yang ingin dipakai.

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini