Thursday, 12 March 2015

Cara Membuat Password yang Sulit Ditebak di Microsoft Excel

Apakah Anda sering menggunakan password ketika menggunakan Excel? Apakah password Anda mudah ditebak? Jika jawabannya ya munckin cara yang akan saya terapkan disini bisa dicoba. Ini bukan trik atau rahasia namun saya kira belum banyak yang menggunakan cara ini. Kalo artikel yang terdahulu rahasia di balik tombol UNDO sekarang saya buka juga rahasia bagaimana menulis password yang sulit untuk ditebak.

Biasanya menulisakan password cukup menggunakan tempat lahir, tanggal lahir, nama kota, nomor ID pegawai dan maih banyak lagi. nah password tersebut biasanya mudah sekali untuk ditebak. Ada yang mengatakan bahwa agar password sulit untuk ditebak biasanya menggabungkan beberapa karakter antara huruf dan angka, atau angka dengan tandabaca, atau hal lainnya yang belum juga saya tahu. Nah untuk cara saya bagaimana menuliskan password yang sulit ditebak yaitu dengan menggunakan simbol-simbol yang tersedia di Ms. Excel

Mari kita ilustrasikan membuat password dengan menggunakan kombinasi ALT+angka. Kenapa saya menggunakan fungsi kombinasi keyboard ALT+angka? Jika Anda mengetikan angka dengan menekan ALT secara bersamaan maka hasilnya adalah simbol-simbol yang tidak bisa dikenal. Contoh saya akan menerapkan atau membuat password dengan hanya 3 karakter.

Password saya adalah ôTq

untuk menuliskan karakter tersebut silakan tekan
ALT+741
ALT+852
ALT369

Jika orang melihat tingkah laku jari anda mungkin akan menebak bahwa Anda menuliskan password banyak sekali padahal hanya 3 karakter saja.

maka hasilnya akan menjadi ôTq Mari kita kombinasikan dengan rumus IF fungsi logika. Untuk belajar rumus IF fungsi logika silakan lihat

Fungsi Logika IF pada Excel
Jika sudah mengerti lanjutkan silakan lihat gambar dibawah ini untuk menuliskan rumus IF


Pada cell E5 dituliskan rumus =IF(C5="ôTq","Benar","Salah") ini berarti jika dituliskan simbol ôTq maka data di cell E5 akan bernilai BENAR apabila salah penulisan di cell C5 maka data di cell E5 akan bernilai SALAH. nah, hal ini bisa dijadikan sebuah password yang sulit ditebak ketika membuat aplikasi excel  Anda juga bisa mengkolaborasikan dengan rumus IF seperti contoh diatas.

Rumus diatas hasilnya akan seperti gambar dibawah ini



Oke, itu saja trik cara membuat password yang sulit ditebak di Ms. Excel semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan jangan sungkan kasih komentar.

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini