Thursday, 12 March 2015

Cara Membuat ComboBox dengan Validasi List di Ms. Excel

Bagaimana cara membuat ComboBox menggunakan validasi data di Micorosft Excel dengan kriteria list? Tujuan dari tulisan ini adalah untuk membuat list yang telah ditentukan oleh validasi data yang berupa ComboBox. Bagaimana cara membuatnya?

Untuk membuat validasi list dengan ComboBox langkah pertama Anda buat terlebih dahulu Anda harus mengetikan daftar list pada cell yang lain misalnya seperti gambar berikut.


Perhatikan data contoh diatas, Anda membuat data kota dengan jumlah 5 kota besar. Data tersebut akan dijadikan ComboBox dengan kriteria list maka kita buat Combo di Cell B3 langkahnya adalah klik menu Data kemudian klik Data Validations sehingga akan muncul jendela Validations Data




Pilih Setting kemudian Validations criteria pilih List kemudian untuk Source nya ketikan =$D$3:$D$7 dan klik OK. Kenapa sata ketikkan source dengan rumus =$D$3:$D$7 karena data ini merupakan letak dimana posisi range untuk dijadikan list data nya adalah range tersebut.


Perhatikan gambar yang ditunjukan dengan panah data Combo Box berhasil dibuat dengan list dari range =$D$3:$D$7. Jadi setelah berhasil maka Anda diharuskan mengisi cell B3 sesuai dengan data list yang telah ditentukan dan dihadapkan data tersebut tidak salah mengetik Anda tinggal mengklik data sesuai dengan list tersebut.

Demikian semoga bermanfaat, jika Ada masalah silakan tulis komentar dibawah dan selamat belajar excel.

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini