Sunday, 8 March 2015

BIDIK MISI 2015 (INFO LENGKAP)

PENDAFTARAN BIDIKMISI SECARA ONLINE

Bagaimana Cara Pendaftaran Bidikmisi secara Online?. Tata cara pendaftaran Bidikmisi melalui SNMPTN, SBMPTN, PMDK Politeknik atau Seleksi Mandiri perguruan tinggi secara daring (online) adalah sebagai berikut.
 
 
1. Tahapan pendaftaran Bidikmisi

a. Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi kehttp://bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/ dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran 2 bagian F) untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
b. Ditjen Belmawa memverifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja.
c. Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melaluihttp://bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/login menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang telah diverifikasi
d. Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada masing masing siswa yang sudah direkomendasikan
e. Siswa mendaftar melalui laman http:// bidikmisi.dikti.go.id/siswa/login dan menyelesaikan semua tahapan yang diminta didalam sistem pendaftaran.
 

2. Siswa yang sudah menyelesaikan pendaftaran bidikmisi mendaftar seleksi nasional atau mandiri yang telah diperoleh sesuai ketentuan masing-masing pola seleksi melalui alamat berikut:
a. SNMPTN melalui http://snmptn.ac.id
b. SBMPTN melalui http://sbmptn.ac.id
c. Seleksi Mandiri PTN sesuai ketentuan masing-masing PTN.
d. Seleksi Mandiri PTS sesuai ketentuan masing masing PTS

Siswa yang mendaftar, melengkapi berkas dan dibawa pada saat pendaftaran ulang seleksi masuk.
1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari sistem Bidikmisi;
2. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
5. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
6. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah;
7. Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Beasiswa Siswa Miskin (BSM);
8. Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala desa/Kepala dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
9. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
10. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali-nya.


KETENTUAN BIDIKMISI SNMPTN 2015

Bidik Misi Snmptn 2015. Sedikit ketentuan bagi adik-adik yang ikut program Bidikmisi untukSNMPTN 2015. Sedikit mengecewakan bagi adik-adik bahwa untuk pilihan program studi di UIN (Universitas Islam Negeri) Bidikmisi tidak diberlakukan, hal ini sesuai pada ketentuan yang tertera pada poin no.3. Untuk lengkapnya, bagi siswa peserta Bidikmisi, mohon untuk memperhatikan hal-hal berikut:

1. Pastikan di kartu peserta SNMPTN Anda tertera status peserta Bidikmisi
2. Anda harus melengkapi pendaftaran Bidikmisi di situs Bidikmisi http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id
3. Bidikmisi tidak berlaku untuk pilihan program studi di Universitas Islam Negeri

JADWAL BIDIKMISI 2015

Info Jadwal Penting Bidikmisi 2015. Untuk adik-adik yang ingin mengikuti program beasiswaBidikmisi tahun ini, silahkan lihat jadwal penting bidik misi di bawah ini:

Nama Kegiatan
Tanggal Mulai
Tanggal Selesai
Pendaftaran Sekolah
15 Januari 2015
01 September 2015
Pendaftaran Siswa
15 Januari 2015
01 September 2015
SNMPTN
02 Februari 2015
12 Maret 2015
PMDK-PN
09 Februari 2015
08 Mei 2015
Seleksi Mandiri PTN
10 Februari 2015
01 September 2015
Seleksi Mandiri PTS
10 Februari 2015
01 September 2015
16 Maret 2015
03 Juni 2015
Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu





SYARAT PENDAFTARAN BIDIKMISI TAHUN 2015

Apa saja syarat untuk pendaftaran bidikmisi 2015? Syarat pendaftaran bidikmisi 2015 sedang disusun oleh panitia dan akan dikabarkan segera . Pendaftaran Bidikmisi ini berlaku untu Bidikmisi SNMPTNBidikmisi SBMPTN, dan Bidikmisi Tes Mandiri. Untuk sementara silahkan merujuk pada pedoman bidikmisi 2014 yang bisa di lihat di bawah ini:


PERSYARATAN PENDAFTARAN BIDIKMISI 2015
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2015
  2. Lulusan tahun 2014 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria :
    • Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM)
    • Pemegang Kartu Pengaman Sosial (KPS) atau sejenisnya
    • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau
    • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4
  6. Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah
  7.  Pendaftar difasilitasi untuk memilih  salah satu diantara  PTN  atau PTS dengan
     ketentuan:
     a. PTN dengan pilihan seleksi masuk:
     1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
     2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
     3) Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN
     b. PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS.


PERTANYAAN SEPUTAR BIDIKMISI 2015

Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin sering muncul di benak adik-adik sekalian mengenai bidik misi ?? telah kami rangkum di bawah ini. Diharapkan dengan adanya pertanyaan dan jawaban pertanyaan seputar Bidikmisi ini dapat menjawab kebingungan adik-adik selama ini. Berikut jawaban dan pertanyaan seputar Bidik Misi 2015.

 
Apa saja syarat pendaftaran bidikmisi 2015? 

Jawaban 
Syarat pendaftaran bidikmisi 2015 sedang kami susun dan akan kami kabarkan segera . Untuk sementara silahkan merujuk pada pedoman bidikmisi 2014 yang bisa diunduh pada alamat http://bidikmisi.dikti.go.id/petunjuk/pedoman

Apakah ada biaya kedatangan untuk penerima Bidikmisi ?


JAWABAN
Bidikmisi memberikan biaya kedatangan pertama (satu kali perjalanan dari tempat asal ke PT terkait) bagi penerima Bidikmisi kuota APBN. Penyerahannya diberikan langsung oleh PT. 
Catatan: Untuk transportasi darat, PT menetapkan biaya kedatangan menggunakan zoning (per kota dianggap sama besarannya)  Untuk yang diluar propinsi asal dan penerima awal harus diberikan biaya hidup sementara. Untuk kuota APBN-P tidak mendapat biaya kedatangan.

Apakah Bidikmisi Gratis ?


JAWABAN
Bidikmisi memberikan fasilitas pembiayaan sebagai berikut Pendaftaran Bidikmisi tidak dikenakan biaya Bidikmisi membebaskan biaya pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan seleksi lokal(mandiri) pada salah 1 PT Jaminan biaya hidup sementara dan transportasi dari daerah asal (khusus untuk yang direkrut sebelum menjadi mahasiswa) Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi Subsidi biaya hidup sesedikitnya Rp600.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah Jika ada pihak pihak yang memungut biaya pada calon pendaftar, pendaftar, atau penerima Bidikmisi diluar ketentuan tersebut bisa melapor ke bidikmisi@dikti.go.id

Apakah Bidikmisi Itu ? Kenapa bukan disebut Beasiswa ?


JAWABAN
Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan terhadap yang berprestasi, bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang mana memberikan fasilitas pada yang tidak mampu untuk dapat memutus mata rantai kemiskinan.
Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Apakah bisa mengubah pilihan jalur seleksi di laman pendaftaran Bidikmisi ?


JAWABAN
Jika sudah memilih salah satu jalur seleksi, tentu tidak bisa dibatalkan.
Silahkan log-in kembali untuk menambah pilihan jalur seleksi sesuai prosedur dan jadwal pendaftaran .

Apakah bisa perbarui data ?


JAWABAN
Untuk perubahan nama dan tanggal lahir, bisa melakukan permohonan perubahan nama dan tanggal lahir di menu biodata siswa, setiap pengajuan akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
Untuk pembatalan finalisasi, bisa mengajukan permohonan di menu dan login sekolah, setiap permohonan akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
Untuk pengubahan kondisi ekonomi, bisa mengajukan permohonan di menu ekonomi di login siswa, setiap permohonan akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
Untuk perubahan nilai akademis, bisa dilakukan di menu rekomendasi siswa di login sekolah.

Apakah Mahasiswa Aktif Boleh Mendaftar ?


JAWABAN
Bidikmisi dikhususkan untuk calon mahasiswa. Untuk mahasiswa di PTN dibawah kemdikbud sudah disediakan beasiswa PPA (Peningkatan Potensi Akademik ) dan BBM (Bantuan Biaya Mahasiswa) yang bisa didaftar di bagian kemahasiswaan masing masing.
Dalam kondisi khusus dimana ada penerima bidikmisi ada yang mengundurkan diri, mahasiswa aktif pada angkatan yang sama bisa mengajukan diri / direkrut sebagai penerima bidikmisi.
Perlu diingat bahwa walaupun sudah menjadi mahasiswa, persyaratan menjadi penerima bidikmisi secara substantif tetap harus dipenuhi, yaitu harus tidak mampu secara ekonomi. Selain itu rekan rekan mahasiswa tetap harus memonitor tentang kelayakan penerima, misalkan ada yang ber gaya hidup mewah, mempunyai gadget dan biaya tidak murah bisa dilaporkan ke pusat ke alamat bidikmisi@dikti.go.id

Apakah Pendaftar Bidikmisi wajib memiliki KIP / KPS / BSM ?


JAWABAN
Pendaftar Bidikmisi diharapkan memiliki KIP / KPS / BSM , namun jika tidak maka bisa menyertakan surat keterangan tidak mampu atau surat lainnya yang membuktikan ketidakmampuan untuk memudahkan verifikasi nantinya.

Apakah Penerima Bidikmisi bisa pindah Prodi / Daftar Bidikmisi lagi ?


JAWABAN
Penerima Bidikmisi tidak diperkenankan mendaftar Bidikmisi kembali di tahun selanjutnya baik di PT yang sama / lain.
Dalam hal pindah prodi, hal ini tunduk terhadap ketentuan masing masing PT, silahkan berkonsultasi dengan bagian kemahasiswaan / akadmik PT terkait.

Apakah Sekolah belum terakreditasi diperkenankan mendaftar Bidikmisi ?


JAWABAN
Bagi sekolah yang belum terakreditasi ataupun yang akreditasinya masih dalam proses, pihak sekolah tetap bisa melakukan pendaftaran sekolah di laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/ dengan mengisikan nilai akreditasi dengan nol (0).

Apakah Wajib Direkomendasikan Sekolah?


JAWABAN
Rekomendasi sekolah wajib diberikan pada pendaftar bidikmisi untuk menjamin pendaftar 
  • Tidak mampu secara ekonomi
  • Berpotensi akademik baik
Dalam kasus luar biasa, seperti sekolah sudah tidak menyelenggarakan pendidikan, sekolah ada pada daerah bencana dan hal lainnya yang dianggap mendesak dan luar biasa pendaftar bisa menghubungi panitia melalui bidikmisi@dikti.go.id untuk diberikan solusi.
 
Sekolah yang menolak merekomendasikan karena alasan apapun untuk calon pendaftar (baik yang akan lulus / alumni) yang memenuhi persyaratan dapat dilaporkan ke panitia ke bidikmisi@dikti.go.id untuk dikoordinasikan.

Bagaimana penghentian bantuan karena cuti ?


JAWABAN
Cuti karena sakit atau alasan lain yang ditentukan oleh perguruan tinggi :
a. Dihentikan bantuannya dan digantikan dengan mahasiswa lain yang satu angkatan dan memenuhi persyaratan penerima Bidikmisi.
b. Khusus mahasiswa yang cuti karena sakit, perguruan tinggi harus mencarikan beasiswa/bantuan lain sebagai pengganti apabila mahasiswa tersebut telah aktif kembali.

Bagaimana Tahapan Penyaluran Bantuan Biaya Hidup Bidikmisi ?


JAWABAN
1. PT mengirimkan SK/Surat dari pimpinan PT terkait daftar penerima bidikmisi untuk 1 semester / 1 tahun kedepan disertai data pendukung teknis (pelaporan IPK dan atau sofkopi elektronik data penerima dan rekening) (cepat atau lambatnya tergantung mekanisme internal PT)
2. Direktorat Belmawa melakukan proses SPP, SPM ( kira kira 1-2 Minggu jika data pada tahap 1 lengkap) 
3. KPPN menerbitkan SP2D (Maksimal 1 hari kerja) dan transfer ke rekening penampungan Satker Direktorat belmawa (Ijin kmenterian keuangan)
4. Direktorat Belmawa memerintahkan Bank Mandiri melakukan proses transfer (1-2 hari kerja)
5. Bank Mandiri melakukan transfer ke rekening penerima (mekanisme internal bank mandiri)
Dari proses 3-5 maksimal 30 hari kalender atau dana harus dikembalikan ke kas negara dari rekening penampungan.

Berapakah Besaran Biaya Bidikmisi ?


JAWABAN
Besaran Biaya Bidikmisi adalah sebesar 6 Juta Rupiah / Semester yang terdiri atas 2 Komponen :
1. Komponen Biaya HIdup yang diberikan langsung sekecil kecilnya 600 ribu / bulan 
2. Komponen Biaya Pendidikan yang dikelola PT (tidak harus diberikan kepada mahasiswa penerima) sebesar besarnya 400 ribu / bulan 

Penerima Bidikmisi tidak dibebankan biaya pendidikan apapun yang dibayarkan untuk PT. untuk biaya pendidikan lainnya yang tidak wajib seperti field trip dan kunjungan industri teknisnya diatur oleh PT terkait tanpa membebani penerima Bidikmisi.
Kalaupun biaya SPP yang dibebankan pada mahasiswa reguler lebih kecil dari 2,4 juta / Semester. PT diperkenankan menggunakan sisa dana untuk pembinaan khusus penerima dan subsidi biaya pendidikan lain seperti biaya daftar ulang dan biaya gedung yang dibebankan selama masa studi. Mahasiswa Penerima berhak menerima detail alokasi anggaran sebesar 2,4 juta / semester

Berapakah Kuota Bidikmisi 2015 ?


JAWABAN
Bidikmisi 2015 direncanakan untuk 60.000 penerima yang tersebar di ; - Seluruh PTN
- Seluruh PTS berakreditasi A di pulau Jawa, B di luar pulau Jawa dan C di daerah tertinggal

Dimana saya mendapatkan PIN ? Saya sudah mendapatkan KAP


JAWABAN
Pada saat anda mendaftar Bidikmisi sudah diberikan pasangan KAP dan PIN. 
Jika anda terlupa untuk mencatat PIN anda, bisa login kembali ke menu siswa di bagian pilihan seleksi dan catat kembali PIN anda

2 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini