Thursday, 12 March 2015

Bagaimana Cara Membuat Header dan Footer di Excel 2010?

Untuk membuat header dan footer di Ms. Word memang sudah biasa, namun untuk di Ms. Excel sepertinya Anda jarang menggunakannya. Pada kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana membuat header maupun footer pada Ms. Excel 2010?

Header maupun footer biasanya digunakan untuk membuat nomor halaman, namun ada juga untuk kepentingan lain misalnya memberi tanggal saat pembuatan halaman. Header maupun footer juga bisa digunakan untuk membuat alamat atau lokasi dari sebuah file excel yang dibuat misalnya file excel yang sedang diketikan disimpan di drive D:// dengan nama folder Data Karyawan maka disini juga bisa ditentukan melalui header footer.

Bagaimana cara membuat header atau footer pada Ms. Excel 2010?

Posisi header berada di atas tulisan utama sedangkan footer posisinya berada di bawah tulisan utama. Untuk membuat nya cukup mudah setelah Anda menampilkan file yang akan dibuat header maka langkahnya adalah sebagai berikut

Setelah anda klik menu pada tab ribbon, maka tampilan sheet pada lembar kerja excel Anda akan berubah seperti gambar berikut ini


Gambar yang ditunjukan oleh anak panah warna merah merupakan header dengan posisi sebelah kanan atau, Anda juga bisa merubahnya pada posisi sebelah tengah maupun kiri atas sesuaikan saja dengan kebutuhan misalnya menuliskan kata " Oleh Excel-id.com"

Jika Anda menuliskan tulisan tersebut maka di setiap halaman akan muncul tulisan yang sama pada header diatas sehingga ini mempermudah agar Anda tidak mengetikkan ulang kembali. Untuk footer juga caranya sama saja Anda tinggal scrool ke bawah menggunakan mouse dan tulislah pula tulisan sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

Mudah kan, bagaimana cara membuat header dan footer pada Excel 2010 ini. Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan selamat belajar excel.

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini