Sunday, 15 March 2015

Aplikasi Penilaian

Aplikasi Pengolahan Hasil Belajar (APHB) Versi 2.0 Download disini

A.  Latar Belakang
     Perkembangan teknologi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam membantu terselesainya tugas atau pekerjaan menjadi lebih efektif. Kita membutuhkan banyak inovasi dan kreatifitas dalam memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan fungsi dari teknologi tersebut. Saat ini pemanfaatan teknologi mendapat perhatian dari kalangan pendidik karena fungsinya yang sangat bermanfaat dalam membantu pelaksanaan tugas sehari-hari.
     Guru profesional memang seharusnya memanfaatkan dan menguasai teknologi dalam melaksanakan perannya yang sangat strategis. Untuk maksud tersebut maka kepala sekolah/madrasah yang menjalankan peran motivatornya perlu menargetkan pencapaian peningkatan kompetensi rata-rata guru pada satuan pendidikan.
      Berangkat dari berbagai masalah yang dihadapi guru, kami dari Forum Tutor Daerah (FTD) Lhokseumawe yang merupakan sebuah forum tutor dengan Visi “Membimbing guru untuk terampil dalam ilmu dan teknologi pendidikan”, ikut memberi peran untuk meningkatkan kompetensi guru. Diantara bentuk perhatian FTD adalah memberikan pelayanan (bimbingan dan fasilitasi) kepada guru. Disamping itu, FTD saat ini mempunyai Produk khusus yaitu program untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi pendidikan antara lain Produk Aplikasi Pengolahan Hasil Belajar (APHB), Aplikasi Wali Kelas (APWK), Aplikasi Program Guru (APG), dan lainnya.
     Aplikasi pengolahan hasil belajar yang disingkat dengan APHB adalah salah satu aplikasi yang menggunakan teknologi komputerisasi. APHB ini merupakan sebuah Aplikasi sederhana berbasis microsoft exel.  Aplikasi ini digunakan oleh guru untuk melakukan input nilai harian dan sebagainya yang berkaitan dengan penilaian.
     Pemanfaatan aplikasi ini mulai digunakan sejak tahun 2010. Pada awalnya FTD Lhokseumawe melakukan ujicoba pada guru MIN Kuta Blang Lhokseumawe yang merupakan tempat anggota dari FTD ini bertugas. Melalui forum KKG dan pelatihan-pelatihan teknologi, aplikasi ini telah disebarkan dan digunakan oleh guru pada jenjang MI, MTs dan beberapa SD dan SMP dalam wilayah Pemerintah Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara.
     Aplikasi ini terus disempurnakan dan sampai saat ini APHB yang anda gunakan adalah versi 2.0. Versi ini merupakan penyempurnaan terhadap kelemahan versi sebelumnya. Sebagai pembuat aplikasi ini, saya sangat menyadari berbagai kelemahan dalam aplikasi sederhana ini dan insyaalah akan diperbaiki pada masa mendatang.
        
B.  Tujuan
         Adapun tujuan perancangan aplikasi APHB ini adalah sebagai berikut;
1.  Menyiapkan guru yang profesional dalam mengelola penilaian kelas, hal ini didukung dengan adanya menu-menu yang merupakan kebutuhan pokok guru dalam penilaian.
2.  Memudahkan pekerjaan yang selama ini dianggap sulit, misalnya merata-ratakan hasil belajar pada suatu kompetensi, menganalisis hasil ujian, menganalisis butir soal dan sebagainya.
3.  Meningkatkan kepercayaan dan  jati diri guru sebagai seorang yang profesional dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.
4.  Membiasakan budaya mencintai teknologi untuk para guru.

C.  Manfaat
         Diantara manfaat yang diperoleh dari pemanfaatan teknologi aplikasi ini adalah sebagai berikut;
1.  Guru dapat menyiapkan administrasi penilaan, bukti fisik telah melakukan penilaian secara cepat
2.  Guru dapat menginput nilai-nilai harian, ulangan harian, remedial dan pengayaan, penilaian psikomotorik, afektif, penilaian diri, ujian tengah semester, ujian akhir semester dan penilaian lainnya secara cepat dan langsung mengetahui hasil pengolahannya.
3.  Guru dapat mengakses secara cepat untuk mengetahui urutan peringkat setiap peserta didiknya yang telah mengikuti penilaian pada mata pelajarannya
4.  Membantu guru menganalisis hasil ulangan harian, melihat grafik, frekuensi dan laporan hasil ulangan secara cepat.
5.  Membantu guru memberi informasi kualitas butir soal yang diujiankan untuk soal-soal ulangan harian dan ujian semester.
6.  Menampilkan kondisi hasil belajar setiap anak terhadap kriteria ketuntasan minimal
7.  Menginformasikan jumlah peserta didik yang mencapai nilai pada rentang tertentu serta yang tuntas dan tidak tuntas
Untuk mendownload file APHB Versi 2.0, klik disini
untuk mendownload nama peserta silahkan klik disini

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini