Thursday, 12 March 2015

Aplikasi Lacak KTP dengan Rumus Excel V1.10

Membuat Aplikasi Lacak Kartu Identitas Penduduk alias KTP menggunakan rumus Excel dan tips penggabungan rumus excel tidaklah sulit, hanya membutuhkan beberapa menit saja sudah bisa jadi aplikasi untuk melacak identitas seseorang berdasarkan nomor KTP.

Aplikasi ini menggunakan rumus excel Vlookup artinya kita harus memiliki database provinsi, kabupaten, dan kecamatan karena ini merupakan salah satu identitas untuk mengetahui sesuai dengan nomor KTP yang diinput. apabila Anda menginput nomor KTP salah maka sistem aplikasi akan memberikan pesan nomor yang dinput salah dan apabila Anda menginput nomor KTP kurang dari 16 digit maka aplikasi juga akan memperingati berupa pesan bahwa data atau nomor yang dinputkan harus 16 digit angka. Cukup sederhana kan? pesan ini bisa Anda  buat dengan menggunakan validasi data. Anda harus belajar membuat validasi data dengan menggunakan Ms. Excel agar bisa membuat aplikasi ini.

Aplikasi lacak identitas KTP ini sifatnya hanya belajar saja dengan maksud bahwa Microsoft Excel tentunya sangat kaya akan kegunaan dengan ratusan rumus yang bisa Anda kolaborasi atau dengan Anda menggabungkan sehingga Anda bisa memanfaatkan Microsoft Excel dengan baik dan berguna. Anda bisa belajar rumus-rumus Microsoft Excel lengkap di blog ini disertai dengan cotoh rumus dan aplikasi Excel

Untuk belajar rumus penggabungan Vlookup anda bisa belajar disini.
Langsung saja ini dia screenshoot dari Aplikasi nya


contoh diatas adalah hasil pencarian data dengan menginput nomor KTP misalnya seperti yang tertera diatas maka secara otomatis sistem akan mencari pada sebuah database sehingga menghasilkan informasi bawah  

"orang yang dicari dengan nomor KTP 3210100808820200 dia adalah orang dari daerah kecamatan rajagaluh kabupaten majalengka provinsi jawa barat dan orang ini lahir sekitar tahun 1982"

Apabila Anda menginputkan nomor KTP kurang dari 16 digit maka secara otomatis ada peringatan "Maaf KTP tidak ditemukan digit KTP berjumlah 16" ini berarti Anda harus menginput nomor KTP sebanyak 16 digit seperti contoh diatas.


Jika muncul peringatan seperti diatas maka Anda harus klik Retry untuk menginputkan kembali nomor KTP yang berjumlah 16 digit.
Oke, inilah kehebatan Microsoft Excel bisa dijadikan sebuah aplikasi sederhana namun sepertinya bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini