Sunday, 22 March 2015

Aplikasi Kalzium


Apa itu Kalzium? Apakah tulisan itu tidak salah, bukannya kalsium tulisan yang benar? :) Kalau yang dimaksud adalah unsur kalsium yah memang salah, tapi Kalzium adalah nama sebuah software (open source software - OSS) yang memanfaatkan tabel periodik untuk mengeksplorasi setiap unsur. Tapi ternyata tidak sekedar tabel periodik biasa, lebih dari sekedar tabel periodik. Kalzium berasal dari bahasa Jerman dari kata kalsium. Saat ini Kalzium sampai di versi Hidrogen. Untuk diketahui semenjak Kalzium menjadi aplikasi standalone ia versinya akan dinamai dengan urutan nama unsur dalam tabel periodik.
Apa sajakah yang bisa digunakan dari kalzium dalam pemebelajaran kimia sma? Materi-materi pelajaran kimia, baik di kelas 10, kelas 11 IPA, maupun kelas 12 IPA bab-bab tertentu sangatlah tepat memanfaatkan kehebatan Kalzium. Tentu ini hanya merupakan alternatif dalam penggunaan media pembelajaran. Sampai saat ini Kalzium belum mendukung untuk sitem operasi Windows. Hanya bisa berjalan untuk sistem operasi Linux. Oleh karena itu di sarankan pengguna yang ingin mencobanya sebaiknya meningstall sistem operasi Linux di komputernya. Toh ini barang gratis dan halal. Masih enggan menggunakan linux alasan tidak bisa?! Bukan jamannya lagi, Linux semakin mudah digunakan dan user friendly atuh. Tetap ngeyel?! Yah sudah gunakan alat seperti ini (atau semacam virtual mesin)agar kalzium bisa jalan di Windows kesayangan anda.
Bagi yang ingin menginstall Kalzium ada sedikit tutorial yang telah dibuat rekan lain sebelumnya. Saya saat ini menggunakan Sabily Manarat 10.04 salah satu sistem operasi turunan Linux Ubuntu 10.04. Pada saat menginstall Sabili Manarat 10.04 itu ternyata Kalzium sudah dalam satu paket penginstallan. Jika belum yah silahkan di install sebagaimana tutorial yang diberikan rekan saya tadi. Untuk sedikit review tentang aplikasi ini sebaiknya mengunjungi blognya rekan radithtux ini.
Bagaimana cara menggunakan Kalzium? Silahkan kunjungi TheKalziumHandbook Ok? Atau kalau mau dan berminat versi offline-nya saya telah menyiapkannya di pranala ini (1,4 MB format rar). Silahkan unduh dan ekstrak file rar tersebut, buka folder hasil ekstrakan itu, klik file index.html maka akan terbuka dalam mesin peramban yang anda punyai. Silahkan jelajah lebih lanjut secara offline. Kalau kesulitan mengunduh file tersebut silahkan tinggalkan pesan, insya Allah akan saya kirim via surel (email).
Sebaiknya kita mengenali lebih dahulu semua menu dan tool yang tersedia pada bagian utama Kalzium, dengan demikian kita bisa melakukan eksplorasi kehebatan Kalzium dan menerapkan pada pokok bahasan yang sesuai. Dengan Kalzium secara live(membukanya saat proses pembelajaran di kelas) kita bisa menjelaskan pokok bahasan struktur atom dan sitem periodik.Dapat jugameng-capture (menangkap gambar dilayar monitor kemudian mengambil bagian yang penting) untuk disisipkan saat membuat modul pembalajaran.Boleh juga kita buatkan tutorial agar siswa menggunakan Kalzium untuk mempraktekannya sendiri dengan penugasan tertentu.
Ok, selanjutnya kita eksplorasi lebih jauh penggunaan Kalzium terutama alat (tool) yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran.
1.            Alat Plot Data

2.            Alat Perform Calculation (The Kalzium Molecular Calculator)

3.            Alat Isotope Table

4.            Alat Glossary

5.            Alat Equation Solver

6.            Alat Convert Chemical File

7.            Alat R/S Phrasses

8.            Alat Table (Huruf Yunani dan Angka)

9.            Alat Molecular Editor

10.         Alat Export Chemical Data

Deskripsi masing-masing tool tersebut akan dibahas pada tulisan berikutnya, termasuk pokok bahasan apa saja yang bisa memanfaatkan tool tersebut. Untuk diketahui juga bahwa tool-tool tersebut dimungkinkan akan bertambah sehingga Kalzium semakinpowerfull pada versi helium atau versi yang berikutnya.
Untuk lebih jelasnya mari kita kunjungi alamat website ini:

http://www.ziddu.com/download/23434370/CARAMENGGUNAKANAPLIKASIKALZIUM.docx.html

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini