Sunday, 15 February 2015

MACROMEDIA FREEHAND, KUNO TAPI TETEP OK


Banyak sekali software desain grafis beredar di pasaran. Beberapa di antaranya adalah Corel Draw, Adobe Ilustrator dan Macromedia Freehand. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Salah satu yang ingin penulis ulas sedikit adalah Macromedia Freehand.
Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris). Macromedia FreeHand sangatlah mirip dalam pangsa pasar dan fungsionalitasnya dengan Adobe Illustrator.

FreeHand diciptakan oleh Altsys dan dilisensikan ke Aldus, yang mengeluarkan versi 1 sampai dengan 4. Ketika Aldus bergabung dengan Adobe Systems, karena tumpang tindih pangsa pasar dengan Adobe Illustrator, maka Adobe mengembalikan FreeHand ke Altsys segera setelah merger (setelah sejumlah intervensi legal oleh Komisi Dagang Federal). Altsys kemudian dibeli oleh Macromedia, yang mengeluarkan FreeHand 5.0, 5.5 (Khusus Mac), 7, 8, 9, 10 dan 11/MX. Pada tahun 2005 Adobe membeli Macromedia, yang secara tak langsung mengembalikan FreeHand ke Adobe.

Sebagai sebuah aplikasi yang fleksibel, FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web.

PENGHENTIAN PENGEMBANGAN

Setelah Freehand di akusisi oleh Adobe, software ini justru tumpang tindih dengan produk Adobe yang lain yaitu Adobe Ilustrator. Sehingga akhirnya diputuskan menutup dan menghentikan pengembangan Macromedia Freehand pada tanggal 15 Mei 2007. Seluruh komponen dalam program Freehand tidak akan diterbitkan lagi dan tidak ada pembaharuan. Dan sebagai  gantinya Adobe mengembangkan Adobe Ilustrator dengan menyematkan berbagai fitur freehand di dalamnya. Versi terakhir Macromedia Freehand adalah versi 11.0.2 yang di rilis pada tahun 2004.

Namun meski Freehand dihentikan pengembangannya dan tidak ada pembaharuan lagi, kita tetap bisa menggunakan versi lama yang cukup bisa diandalkan untuk membuat gambar animasi grafis.

Dari beberapa versi yang pernah penulis coba hingga versi terakhirnya, menurut penulis versi 10 paling mudah dipahami dan dioperasikan. 

Bagi teman-teman yang ingin mencoba software grafis ini silakan donwload dari SINI.
Semoga Bermanfaat !!!

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini