Saturday, 21 February 2015

Konversi Nilai Angka (kuantitatif) Ke Dalam Nilai Huruf (kualitatif) di Excel

Pada kurikulum baru yaitu kurikulum 2013, guru diminta untuk menyajikan nilai dalam bentuk kualitatif dengan predikat huruf dan skala 1-4. Namun, permasalahanya guru sudah terbiasa memberikan nilai kuantitatif skala 1-100. Sekalipun sudah mengggunakan kurikulum baru biasanya guru masih mengkoreksi ujian / ulangan dengan nilai skala 1-100.
Cara mudah mengkonversi nilai dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Caranya kita dapat menggunakan fungsi HLOOKUP / VLOOKUP. Untuk penilaian kurikulum 2013 sendiri adalah sebagai berikut.
Screenshot_17Sebagai contoh buatlah kolom seperti di bawah ini :
image002Kemudian di kolom lain misalnya pada kolom G dan H buatlah kriteria skala seperti diatas dengan menggunakan batas nilai terendah sebagai untuk menentukan predikat hurufnya.
image004
Setelah itu pada cell D3 tulislah rumus seperti ini : =C3/25 untuk membagi nilai di cell C3. Kemudian drag formula yang sama hingga akhir cell D8.
Setelah itu pada cell E3 tulislah formula seperti ini : =VLOOKUP(D3;$G$2:$H$12;2). Kemudian drag formula yang sama hingga akhir cell E8.
Maka kita tinggal memasukkan nilai hasil koreksi ujian yang menggunakan skala 1-100 didalam cell C3 dan seterusnya. Seperti contoh dibawah ini.
image006Berikut contoh onlinenya

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini