Sunday, 15 February 2015

DOWNLOAD RAPORT KTSP DENGAN ABSEN HARIAN

Sesuai Permendikbud nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006, dalam pasal 1 disebutkan sekolah yang melaksanakan K-13 sejak semester pertama tahun pelajaran 2014/2015 kembali menggunakan KTSP mulai semester kedua tahun pelajaran 2014/2015.

Sedangkan sekolah yang telah menjalankan K-13 selama 3 semester diminta tetap menggunakan kurikulum baru itu hingga menunggu hasil evaluasi yang akan menjadi model dalam pelaksanaan K-13 yang ideal.

Dengan adanya pemberlakuan Kurikulum 2006 maka model penilaian yang dipakai di sekolah juga mengacu pada Kurikulum 2006, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Untuk mengelola nilai siswa saat ini banyak cara dilakukan. Sebagian besar guru masih menggunakan cara manual dengan mencatat hasil belajar siswa pada Buku Nilai. Beberapa guru yang memiliki ketrampilan IT mencoba mengaplikasikan penilaian dengan program olah data di laptop/komputer. Aplikasi penilaian dengan model dan variasinya bermunculan di internet. Dan semua tujuannya adalah sama, yaitu memudahkan guru dalam mengelola nilai siswa hingga menjadi raport.

Liburan semester satu ini, saya tak ingin kalah untuk membuat aplikasi penilaian sendiri, sebagai persiapan saya untuk menyambut kembali Kurikulum KTSP yang akan dimulai tanggal 05 Januari 2005. Dan hasil belajar saya bersama teman-teman dan google tentu saja, saya coba share di sini sebagai alternatif aplikasi penilaian Kurikulum KTSP.

Aplikasi ini masih jauh dari sempurna, namun untuk pengelolaan penilaian di kelas sudah dapat digunakan, mulai dari entri nilai harian hingga menjadi raport siswa lengkap. Aplikasi penilaian KTSP ini dilengkapi dengan Absen Harian siswa yang nanti juga akan dihitung secara otomatis di raport.

Absen Harian yang terdapat dalam Aplikasi ini disesuaikan dengan Kalender Pendidikan 2014/2015 yang berlaku di Jatim. Namun teman-teman di luar jatim tidak perlu khawatir, aplikasi ini tidak di protect sepenuhnya. Teman-teman bisa edit aplikasi ini sesuai keperluan.
Bagi teman-teman yang ingin mencoba aplikasi sederhana ini, silakan di unduh dari link download yang saya sertakan di akhir postingan ini. Aplikasi sengaja dibuat tanpa password sehingga teman-teman bisa menyempurnakannya jika diperlukan.

Demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Tak ada gading yang tak retak, tiada karya yang tiada cacat celanya. Kritik dan saran yang membangun senantiasa kami nantikan untuk perbaikan karya selanjutnya.

DONWLOAD DARI MEDIAFIRE
DOWNLOAD DARI GOOGLE DRIVE 
DOWNLOAD DARI DROPBOX 

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini