Tuesday, 24 February 2015

DAPODIKDAS MOBILE, APLIKASI KECIL UNTUK MERINGANKAN TUGAS OPS


DAPODIKDAS MOBILE, APLIKASI KECIL UNTUK MERINGANKAN TUGAS OPS
Dapodikdas 302 sudah berjalan hampir satu bulan. Kegiatan OPS mulai dari input data, edit data, validasi data dapodik dimulai lagi. Termasuk di antaranya harus dilakukan di luar aplikasi Dapodik seperti vervalpd, pendataan peserta UN dan lain-lain.
Hampir semua pekerjaan menuntut online di depan laptop. Duduk berlama-lama didepan laptop bukanlah pekerjaan yang ringan. Cuma duduk sambil tekan keyboard. Silakan dicoba bagi yang tidak percaya. Memerlukan kondisi badan yang fit, begitu juga pikiran harus fresh juga.

Salah satu kegiatan OPS setelah selesai input data dan mengirimkan ke server adalah mengecek hasil pengiriman di server yang harus dilakukan secara online pula. Sungguh bukan pekerjaan yang ringan meski RINGAN MATA MEMANDANG tetap saja BERAT BAHU MEMIKUL.
Berangkat dari kenyataan tersebut team POPSI mencoba membuat terobosan baru untuk meringankan tugas OPS. Keberadaan perangkat smartphone sudah bukan barang mewah lagi. Saat ini smartphone sudah bisa didapat dengan mudah dan murah pula. Sebagian besar OPS dan PTK memiliki perangkat ini. Khususnya yang akan kita aplikasikan di sini adalah smartphone yang berbasis Android. Android lebih digemari karena pengoperasiannya mudah dan aplikasi bisa didapat secara gratis.
Kali ini POPSI ingin berbagi sebuah Aplikasi DAPODIKDAS khusus untuk memantau, mengecek semua kegiatan yang telah dilakukan OPS. FITUR APA SAJA YANG DITAWARKAN APLIKASI INI ? Aplikasi ini merupakan persembahan POPSI untuk Pendidikan Indonesia. Dibuat untuk meringankan tugas-tugas OPS sebagai ujung tombak pendataan Dapodik. Ketika pertama kali dijalankan, teman-teman akan di dihadapkan tampilan seperti pada gambar.
Di halaman awal aplikasi ini teman-teman dapat membaca sekilas tentang POPSI (Persatuan Operator Sekolah Indonesia), VISI, MISI dan MOTO. Pada bagian, jika teman-teman masuk di JOIN US, maka akan masuk Web Pendaftaran Anggota POPSI dan bisa langsung melakukan registrasi keanggotaan di sana.
Menu selanjutnya adalah MENU UTAMA OPS. Dimulai menu pertama adalah DAPODIKDAS yang di dalamnya berisi menu-menu yang diperlukan oleh OPS dalam kegiatan pendataan yaitu :
  1. Donwload Applikasi dan Manual Aplikasi
  2. Download Prefill
  3. Progress Pengiriman
  4. Group FB Infopendataan Dikdas
  5. Twiter @DapodikOfficial
Salah satu yang paling sering di akses OPS adalah progress pengiriman untuk mengecek data yang telah dikirim dari lokal ke server. Sama seperti mengakses lewat laptop untuk melihat data di progress pengiriman OPS harus memasukkan Kode registrasi. Selain itu terkadang OPS memerlukan untuk mengunduh dokumen atau aplikasi, aplikasi ini dilengkapi dengan link-link unduhan yang sering diperlukan oleh OPS, file hasil unduhan akan di simpan di folder DAPODIK di phonestorage jika smartphone memiliki phonestorage atau di folder DAPODIK di SD Card jika tidak memiliki phonestorage.
Menu selanjutnya adalah menu turunan dari Dapodik. Artinya data ini dapat di akses jika data yang diinput di Aplikasi Dapodik sudah dikirimkan ke server dan. Ada tiga entitas Data Pokok yang dihasilkan :
  1. Data Satuan pendidikan
  2. Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  3. Data Peserta Didik

DATA SATUAN PENDIDIKAN
Data Satuan Pendidikan meliputi :
  1. Referensi
  2. SDM
  3. SDM News

DATA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Fitur ini memberi kemudahan kepada OPS dan semua PTK untuk mengecek kevalidan data hasil kerja OPS. Fitur ini berfungsi untuk mengakses Info PTK mobile sehingga tak perlu membuka laptop lagi untuk mengaksesnya.

DATA PESERTA DIDIK
Pada menu ini OPS dapat melakukan dan cek data yang berhubungan dengan siswa yaitu :
  1. Verval Peserta Didik
  2. Peserta Ujian Nasional
  3. BOS Online
  4. Jaring BSM
  5. Cek NISN
  6. Biodata UN SD
  7. Biodata UN SMP
Nama Aplikasi : DAPODIKDAS.apk
Ukuran file : 265 KB
System android disarankan : versi Android 2x atau di atasnya
Nah, bagi teman-teman yang ingin mencoba aplikasi kecil ini silakan di unduh dari SINI

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini