Sunday, 15 February 2015

CETAK SENDIRI KARTU NISN ? KENAPA TIDAK !!!

 

Kartu NISN merupakan Nomor Induk Siswa Nasional yang berlaku selama anak menjadi siswa di sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dan berlaku nasional. NISN adalah kode pengenal siswa yang bersifat unik dan membedakan satu siswa dengan siswa lainnya. Jadi untuk saat ini melalui mekanisme vervalpd berlaku satu nisn untuk satu siswa.

Siapa yang menerbitkan Kartu NISN ? Kartu NISN bisa diterbitkan oleh Dinas Pendidikan setempat dan bisa juga di terbitkan oleh sekolah tempat siswa tersebut belajar.

Banyak program dan aplikasi cetak Kartu NISN yang beredar di internet. Dan saat ini Dapodik Helper membuat terobosan baru CETAK KARTU NISN dari data yang kita miliki di Aplikasi Dapodik yang dapat di akses dengan aplikasi Dapodik Helper. Sehingga kebutuhan akan Kartu NISN siswa dapat dilakukan kapanpun oleh pihak sekolah melalui jasa OPS di sekolah masing-masing. 

Kelebihan NISN yang dicetak melalui Aplikasi Dapodik Helper ini adalah memiliki QR CODE (Quick Response Code) yang bisa di scan menggunakan aplikasi pemindai yang dapat di sematkan di smartphone.

Bagaimana cara menggunakan Dapodik Helper untuk mencetak Kartu NISN ?

Install dulu Dapodik Helper 2.6 yang dapat di download dari SINI. Caranya dengan klik kanan file Dapodik Helper.Exe dan pilih Run As Administrator. Jika aplikasi meminta pengaturan ulang, klik OK dan tunggu pengaturan sampai selesai. Jika sudah selesai silakan di CLOSE dan jalankan Dapodik Helper.

Selanjutnya setelah membuka Aplikasi Dapodik Helper, silakan masuk pada Tab PESERTA DIDIK.
CETAK SENDIRI KARTU NISN

Pilih salah satu nama peserta didik yang akan di cetak NISN-nya dan klik kanan, maka akan muncul pilihan. Pilih Kartu NISN.
CETAK SENDIRI KARTU NISN

Tentukan tujuan penyimpanan File Kartu NISN yang nantinya berupa file gambar dengan format PNG. Jika sudah selesai menentukan tujuan tempat penyimpanan klik “SELECT”.
CETAK SENDIRI KARTU NISN

Jika sudah selesai maka akan muncul notifikasi seperti di bawah ini.

CETAK SENDIRI KARTU NISN

Tutup/close aplikasi Dapodik Helper. Jika tidak mau tertutup silakan ditutup melalui Crtl+Alt+Del dan pilih Task Manager. Sorot pada aplikasi Dapodik Helper dan tekan tombol End Task.
Buka folder tujuan penyimpanan cetak kartu NISN tadi. Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini dan kartu NISN siap di cetak.

CETAK SENDIRI KARTU NISN

Bagi teman-teman yang membutuhkan aplikasi Dapodik Helper untuk mencetak Kartu NISN ini bisa di download dari SINI.

Demikian tutorial singkat penggunaan Dapodik Helper untuk mencetak Kartu NISN. Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini