Thursday, 19 February 2015

Cara Trik Cepat Mengetik Dengan 10 Jari



Sudah lama tidak update post, kalau tidak salah sekitar 5 bulan ada ini. saya mohon maaf sekali, karena disibukkan dengan banyaknya tugas Sma dan persiapan mengikuti Olimpiade Sains tingkat kabupaten bidang komputer. 
Ok lah daripada banyak basa-basi kita langsung ke post sesuai judulnya.

Cara Trik Cepat Mengetik Dengan 10 Jari - Pada zaman yang modern ini, sudah tidak asing lagi dengan peralatan komputasi seperti komputer. Cara menginputkan perintahnya pun bermacam, bisa menggunakan mouse, touchpad, keyboard atau bahkan touchscreen di layar monitornya. Tetapi untuk kali ini saya akan membahas salah satu cara menginputkannya yaitu keyboard.
Kalau membahas keyboard tentunya cara menggunakannya adalah dengan mengetik(kecuali keyboard yang berhubungan musik!). Seperti yang akan dibahas di post ini Mengetik 10 jari. Ini tentunya cukup sulit bagi yang belum mengetahui tekniknya dan belum terbiasa. Padahal kemampuan mengetik dengan 10 jari cukup dibutuhkan, baik dalam dunia kerja, pendidikan ataupun yang lainnya seperti para bloggers. Misalnya sebagai sebagai mahasiswa,  tentunya kemampuan ini sangat menguntungkan. Tugas bisa lebih cepat selesai sehingga tidak membuang waktu. kemampuan mengetik 10 jari dengan cepat jelas sangat dibutuhkan. Sekarang kita masuk ke tutorial 

Cara Trik Cepat Mengetik Dengan 10 Jari
Baiklah untuk memulainya silakan perhatikan gambar berikut.


Setelah melihat gambar tersebut, Anda sekiranya cukup paham dasar dari mengetik dengan 10 jari. Kalau mungkin kurang paham, akan saya jabarkan sedikit agar lebih mengerti.
1.   Setiap jari mengetik tombol keyboard sesuai dengan warna yang ada di gambar tersebut. (kalau itu sih sudah tahu... -_- hehe)
2.   Agar lebih nyaman setiap jari hendaknya sudah siap pada posisinya yaitu :
     a) Tangan kiri : kelingking pada tombol a, jari manis pada tombol s, jari tengah pada tombol d, telunjuk     pada tombol f, dan jempol di spasi.
     b) Tangan kanan : kelingking pada tombol ; , jari manis pada tombol l, jari tengah di tombol k, telunjuk di tombol j, dan jempol di spasi.
     Sehingga membentuk posisi jari yang horisontal.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipraktikkan dalam belajar mengetik 10 jari :
~ Konsentrasi
   Konsentrasi ini dibutuhkan agar tidak ada kesalahan dalam mengetik yang mengakibatkan pengulangan dalam pengetikan.
~ Santai
   Hal ini juga perlu jika belum lancar dalam pengetikan 10 jari, karena dengan santai dan tetap konsentrasi, tangan yang digunakan untuk mengetik 10 jari menjadi nyaman dan terlatih setiap mengetiknya.
~ Konsisten
   Ini yang sebenarnya cukup sulit untuk dipraktikkan. Padahal inilah kuncinya agar kita bisa lancar dalam mengetik 10 jari. Mengapa ini saya katakan cukup sulit? karena bisa saja Anda yang telah membaca post saya ini dan mempraktikkanya, kembali ke kebiasaan lama dengan mengetik seenaknya karena dianggap nyaman. Jika Anda memang ingin agar bisa mengetik 10 jari, tetaplah konsisten menggunakan cara ini. Memang awalnya sulit dan tidak nyaman, tetapi kalau anda sudah mendapat hasilnya, tentu tidak sia-sia anda mengubah sedikit kebiasaan anda kan? :)

Cara berlatih agar lancar mengetik 10 jari :
1.   "Bisa karena biasa", ya mungkin sepotong kalimat tersebut cocok untuk latihan ini. Jika Anda sudah terbiasa mempraktikannya insyaallah juga akan bisa.
2.   Jika sedang membuka komputer/laptop dan sedang tidak ada kerjaan, cobalah untuk membuka ms. word dan latihan mengetik 10 jari. Lalu apa yang harus diketik? Well, Anda bisa mengetik semaunya entah materi yang dipelajari di sekolah, curhat, atau apalah terserah :D
3.   Coba main game ketik seperti typeracer.com  hehe serius :), disitu bisa mengukur seberapa kecepatan mengetik Anda dengan melihat wpm(word per minute), juga bisa membandingkan dengan pemain dari semua penjuru dunia.

Oke, sepertinya itu saja dari yang saya ketahui dan berdasarkan pengalaman saya. Terima kasih sudah berkenan membaca post berjudul Cara Trik Cepat Mengetik Dengan 10 Jari. Semoga bermanfaat dan jika dirasa bermanfaat silakan klik like di awal post, follow, like fanspage dan simpan dengan tekan Ctrl+D.  Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini