Sunday, 15 February 2015

CARA MENGETAHUI JUMLAH PENERIMAAN ALOKASI DANA BOS SETIAP SEKOLAH TRIWULAN 1, 2, 3, DAN 4 TAHUN ANGGARAN 2015


Sahabat Edukasi yang berbahagia… Di era penggunaan fasilitas online saat ini tak terbatas hanya pada manajemen pendataan Dapodik saja, akan tetapi juga termasuk laporan anggaran dana BOS online melalui situs online.

Dengan adanya transparansi bagi publik seperti ini tentu akan berdampak positif dalam penggunaan alokasi Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) di seluruh daerah di Indonesia.

Pencairan dana BOS setiap daerah belum tentu bersamaan, sehingga untuk memastikan apakah dana BOS sudah dicairkan ke sekolah-sekolah yang berhak menerima dana BOS di tahun 2015 dapat diketahui dengan cukup melihat secara online.

Salah satu hal yang berbeda dengan periode sebelumnya, di mana saat ini sekolah-sekolah yang menjadi sasaran program BOS adalah semua sekolah SD/SDLB, SMP/SMPLB/ SMPT, dan SD-SMP Satu Atap (SATAP), baik negeri maupun swasta di seluruh provinsi di Indonesia yang sudah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan sudah terdata dalam sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik), selengkapnya dapat dilihat pada Juknis BOS Tahun 2015.

Untuk mengetahui jumlah setiap sekolah pada jenjang SD/sederajat maupun SMP/sederajat sudah dapat melihat berapa jumlah penerimaan dana BOS masing-masing sekolah. Dan tentu saja pada periode dari bulan Januari s.d. Maret tahun 2015 ini, yang ditampilkan adalah jumlah penerimaan dana BOS untuk triwulan I saja, dan untuk triwulan II, III, dan IV selanjutnya akan tampil jika dana BOS pada triwulan berjalan telah disalurkan ke Provinsi yang kemudian akan disalurkan ke masing-masing sekolah.

Untuk mengetahui jumlah / besar Alokasi Sementara Dana BOS tahun 2015 dari seluruh sekolah yang akan diterima oleh setiap sekolah pada tahun anggaran pada situs resmi BOS Kemdikbud :

1.   Kunjungi links situs http://salur.bos.kemdikbud.go.id.

2.   Pilih pada baris provinsi lalu klik pada kolom nominal dalam rupiah pada kolom Triwulan 1.

3. Tampilan jumlah penerimaan BOS setiap sekolah beserta tanggal penyaluran Dana BOS Triwulan I tahun anggaran 2015 dari setiap sekolah dalam suatu provinsi akan tampil.

Demikian share info mengenai cara melihat ataupun cek jumlah penerimaan Dana BOS seluruh sekolah dari 34 provinsi di seluruh Indonesia (nasional), semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini