Sunday, 15 February 2015

Aplikasi Sederhana Membantu Menyusun Jadwal

MENU

Meskipun tidak sebagus Asc TimeTable, atau Fet TimeTable, yang merupakan sofwere membuat jadwal pelajaran sangat lengkap dan dapat digunakan secara otomatis, penulis dalam melaksanakan kewajiban menyusun jadwal pelajaran di SMPN 1 Gandusari dengan bantuan excel sudah cukup terbantu, yaitu dengan cara membuat aplikasi sederhan berupa lembar-lembar kerja excel.
ISIANGambar (1) merupakan menu aplikasi sederhana membuat jadwal tersebut yang terdiri beberapa sheet, yaitu: Merger, Isian, Data, Print, Gr_Mulang, dan M_Siswa.
Sheet Merge berisi menu yang tampak pada gambar (1), dan  penggunaannya dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:
Melalui tombol Mengisi Data akan menuju sheet isian seperti gambar (2). Isi nama guru, kode Mapel, Jatah jam mengajar untuk masing-masing kelas paralel (kelas 7, 8, dan 9).

DATA1
Melalui tombol mengisi Jadwal akan menuju sheet data. Disebelah kanan sheet tersebut terdapat tabel seperti gambar (3). Pada cell tabel tersebut isikan kode-kode guru yang tidak mengajar saat itu.
DATAPada sheet data tersebut isikan kode-kode guru sesuai mengajarnya, lihat gambar (4). Pada saat mengisi data akan terjadi perubahan warna cell yaitu: warna kuning (satu tempat dalam jam yang sama), merah (lebih dari satu tempat di jam yang sama, hitam (seharusnya di tempat itu tidak boleh ada kode guru tersebut).
DISTRIPada sheet data juga terdapat tabel yang berisi informasi jumlah jam yang belum terpasang (warna tulisan hitam) dan jumlah kelebihan jam yang terpasang (warna tulisan merah). Bila tak terisi angka berarti jam telah terpasang semua.
Melihat distribusi jam mengajar guru dapat membuka sheet distri atau melalui menu Melihat distribusi guru mengajar dan akan tampak seperti gambar (5).
Format jadwal siap cetak dapat dilihat pada gambar (6).
HASILAgar dapat menghasilkan bentuk kartu jadwal perguru dapat digunakan konsep Mailmerge bersama Ms. Word menggunakan data sheet distri, sedangkan untuk mendapatkan kartu jadwal masing-masing kelas gunakan data M_Siswa.
Untuk mencoba aplikasi ini silahkan download di SINI. Selamat mencoba.

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini