Sunday, 15 February 2015

APLIKASI SEDERHANA : ABSENSI HARIAN SISWA


Salah satu administrasi di kelas adalah Absensi Harian Siswa. Seiring dengan kemajuan teknologi, maka guru juga harus mampu memanfaatkan teknologi untuk mempermudah tugas hariannya. Termasuk di dalamnya adalah Absen Harian Siswa.

Kali ini saya ingin berbagi aplikasi sederhana Absensi Harian Siswa dalam format Excel. Untuk mempermudah pengisian data siswa, kita dapat memanfaatkan data profil sekolah kita yang dapat kita download dari progress pengiriman dapodik. Sehingga tidak perlu mengetik ulang, tinggal copy dan paste ke aplikasi.

Sebagai contoh yang saya buat untuk kelas saya untuk 24 siswa. Teman-teman bisa mengedit sesuai jumlah siswa yang dimiliki. Oleh karena itu aplikasi ini sengaja tidak di protect agar mudah untuk mengeditnya.

CARA PENGGUNAANNYA :
Cara penggunaannya sangat mudah. 
  1. Setelah aplikasi dibuka, silakan isi Data pada sheet HOME untuk Kelas, Semester, Nama KS dan Nama Guru Kelas.
  2. Lanjutkan mengisi data siswa dengan Klik pada Kotak "Data Siswa" yang dapat di ambil dari progress pengiriman Dapodik.
  3. Absen harian bulan berjalan dengan Klik nama bulan yang sudah di sediakan.
  4. Untuk melakukan absensi silakan masukkan huruf I untuk Izin, S untuk Sakit dan A untuk Abstain. Selebihnya bisa di isi dengan tanda titik.
  5. Persentasi kehadiran di sesuaikan dengan jumlah siswa dan hari efektif. Aplikasi ini berlaku untuk Semester II 2014/2015 area Jawa Timur. Jadi jika ada perubahan jumlah siswa dan hari efektif silakan ubah rumus persentasenya.
Demikian, semoga aplikasi sangat sederhana ini bisa memberikan manfaatnya.

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini