Monday, 19 January 2015

SOLUSI PERMASALAHAN SEPUTAR APLIKASI DAPODIKMEN 2014


 Alhamdulillah memasuki Bulan  ini saya ingin berbagi tips bagi teman-teman Operator Dapodikmen yang sedang atau akan mengerjakan aplikasi dapodikmen ini. Berikut ini adalah beberapa tips yang di tulis oleh Bpk. Andrey Ashanta selaku Fasilitator yang ditunjuk untuk mensosialisasikan aplikasi dapodikmen ini. Sebab sampai hari ini berbagai macam pertanyaan banyak muncul di media sosial atau group pendataan yang lainnya tentang permasalahan seputar aplikasi dapodikmen ini. Jadi beliau disini memberikan kita beberapa tips untuk mengatasi permasalahan tersebut terutama bagi teman-teman yang mengalami.

"Sebelum update versi baru direkomendasikan untuk melakukan proses singkronisasi. Jika Patch 8.01 sudah release resmi lakukan proses instalasi dan lakukan validasi dan singkronisasi, kemudian tekan CTRL + F5 maka diberanda batas akhir aplikasi berubah ke tanggal 1 Agustus 2014. Batas akhir singkronisasi data tahun pelajaran 2013/2014 tanggal 21 Juli 2014." Agar lebih jelasnya mengenai tata cara pengisian aplikasi Dapodikmen ini silahkan unduh filenya pada link- link di bawah ini
  1. Documen Manual SMK download disini
  2. Documen Manual SMA download disini
  3. Documen Manual SMLB download disini
Sementara itu untuk memperlancar instalasi aplikasi dapodikmen ini serta tidak menemui kendala di dalam pengerjaannya, maka harus di perhatikan hal-hal berikut ini :
  1. Komputer bebas dari antivirus
  2. Pergunakan browser terbaru dan bebas dari plugins
  3. Setting Waktu Lokal/Komputer dengan cara pilih GMT+07.00 untuk WIB (disesuaikan - dengan zona waktu masing masing)
  4. Setting regional : Indonesia
Untuk mendowload File Instalasi maupun update/pacth terbaru dapat di download di alamat ini http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/laman/download atau disini .Sedangkan untuk mendownload Data Prefill dapat didownload dengan menggunakan KODE REGISTRASI, kenapa harus menggunakan KODE REGISTRASI hal ini untuk memastikan bahwa kode registrasi yang di terima juga benar dan sesuai dengan Data Prefill yang di download. Sedangkan untuk Lokasi penyimpanan file prefill adalah : C:\prefill_dapodik untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Prefill Dapodikmen
Jadi sebelum kita meregistrasi Aplikasi Dapodikmen Data prefill sudah harus ada difoler tersebut untuk proses registrasi. Hal ini untuk mencegah munculnya pesan "KODE REGISTRASI TIDAK DI TEMUKAN (Penyebab Selain dari KESALAHAN PENULISAN KODE REGISTRASI)" pada saat proses awal registrasi aplikasi dapodikmen. Langkah selanjutnya adalah Jalankan Aplikasi DAPODIKMEN dan langkah terakhir adalah Lakukan Registrasi untuk dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.

Sedangkan untuk permasalahan lain mengenai Apliasi Dapodikmen ini adalah sebagai berikut :
  1. Pengisian data PTK tanpa menggunakan Gelar, gelar akan diberikan pada pengisian riwayat pendidikan formal
  2. Jika Lupa Kode registrasi. Setelah sukses melakukan installasi, kode registrasi akan tersimpan di : C:\Program Files\Dapodikmen\webserver\logs pada file access.txt untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar di bawah ini. 
    Lupa Kode Registrasi Dapodikmen
  3. Penggunaan Jaringan. Jalankan menu run/search : ketik cmd untuk membuka command promt. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini yang di sunting oleh Bpk. Andrey Ashanta mengenai entri Dapodikmen melalui banyak PC/Laptop
    Client Server Dapodikmen 2014
  4. Tentang pengisian penugasan PTK, lihat gambar di bawah ini
    Penugasan PTK Dapodikmen
  5. Jika data tidak muncul setelah di edit/simpan. Cara mengatasinya yaitu tekan tombol ctrl+f5
  6. Login ke web manajemen pendataan. Terlebih dahulu lakukan sinkronisasi dan pergunakan account operator untuk pengecekan data sekolah di website manajemen pendataan
  7. Untuk melihat hasil Rekap Data PTK dan Sekolah. Pada beranda, Klik dan download Profil sekolah. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat pada gambar di bawah ini
    Cara Download Profil Sekolah di Aplikasi Dapodikmen 2014
  8. Nama Kepala sekolah tidak muncul Solusinya. Isi tugas tambahan kepala sekolah pada PTK yang bersangkutan, [TST jangan diisi] (Sumber : Fasilitator Dapodikmen: Bpk. Andrey Ashanta)
Demikianlah beberapa tips yang bisa saya sharing dalam kesempatan ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Hal-hal yang kurang jelas mengenai permasalahan di atas ditunggu komentarnya di kolom komentar.

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini