Friday, 30 January 2015

PERSAMAAN REAKSI KIMIA 2



Apakah reaksi kimia itu?????? Suatu zat dikatakan mengalami perubahan kimia, jika zat tersebut berubah menjadi zat baru yang berbeda sifat dari zat asalnya. Perubahan  Kimia disebut juga Reaksi Kimia.  Apa yang terjadi ketika berlangsungnya reaksi kimia???????  
Reaksi kimia banyak sekali terjadi dialam. Contoh nya saja besi berkarat, apel yang dikupas kulit nya dan dibiar kan beberapa saat akan menghitam dan banyak lagi contoh nya dialam. Reaksi kimia juga terjadi dilaboratorium. Dimana reaksi kimia yang terjadi di laboratorium ditandai oleh beberapa ciri, diantaranya pembentukan endapan,, pembentukan gas,, perubahan warna,, atau perubahan panas.

1. Penulisan Persamaan Reaksi Kimia
Salah satu contoh reaksi kimia yang terjadi dilaboratorium yaitu reaksi antara logam natrium dengan air dimana ditandai dengan pembentukan gas dan perubahan warna . perhatikan video dibawah ini. 


Secara kimia video diatas dapat dituliskan reaksi nya yaitu :

2Na(s) + 2H2O(l) ---> 2NaOH(aq) + H2(g)













Salah satu contoh lain dari reaksi kimia yaitu ditandainya dengan terbentuk nya endapan. perhatikan video dibawah ini.



                               
Proses yang terjadi pada suatu reaksi kimia akan lebih mudah diingat dan lebih praktis jika dibuat dalam bentuk lambang. Lambang yang digunakan untuk menjelaskan reaksi kimia disebut Persamaan Reaksi
Persamaan reaksi merupakan Hubungan yang menunjukkan koefisien reaksi  dari zat-zat yang bereaksi dengan koefisien  zat- zat hasil reaksi.  
 Pada video pertama, pesamaan reaksi nya dapat ditulis sebagai berikut :






Pada video ke dua , persamaan reaksinya dapat ditulis sebagai berikut:




Dari contoh contoh reaksi diatas dapat dijelas kan dimana Zat - zat yang bereaksi disebut dengan Pereaksi atau reaktan dan dituliskan di sebelah kiri. sedangkan zat zat hasil reaksi disebut hasil reaksi atau produk dan dituliskan disebelah kiri. Secara umum dapat dituliskan sebagai berikut.




Keterangan:
  • a, b, c, dan d     : Koefisien Reaksi
  • A dan B            : Pereaksi ( Reaktan )
  • C dan D            :  Hasil Reaksi 
  • (a), (b), (c), dan (d): Wujud zat dapat berupa s( padatan ), l(cairan), g(gas), dan aq(larutan)
  • tanda +                  : artinya dicampurkan dengan
  • tanda panah artinya menghasilkan.
2. Cara Menyetarakan Persamaan Reaksi Kimia

Sebelum Menyetarakan Reaksi, dimana dasar nya adalah Teori Atom Dalton dimana " dalam reaksi kimia tidak ada atom yang hilang atau tercipta, yang terjadi hanyalah penataan ulang. Jadi Jumlah atom diruas kiri sama dengan jumlah atom diruas kanan.



a. Cara Coba - Coba

Apabila menggunakan cara coba coba ini, kamu akan berlatih mengubah ubah koefisien reaksi setiap zat.
coba perhatikan beberapa contoh  gambar berikut ini.
1. 


Dari gambar tampak bahwa jumlah atom C di sebelah kiri dan kanan adalah sama, sebanyak 1 buah. Demikian pula untuk atom O jumlahnya sama yaitu 2 buah. Dengan demikian persamaan reaksi ini sudah benar.


2.


Dari gambar dapat dijelas dimana jumlah atom N disebelah kiri berjumlah 2 sedangkan atom disebelah kanan berjumlah 1 jadi koefisisn NH3 menjadi 2. jadi atom N disebelah kiri dan kanan telah setara
selanjutnya jumalah atom H disebelah kiri berjumlah 2 sedangkan disebelah kanan 6 karenakoefisien nya ada 2. jadi agar atom H setara maka pada atom H yang disebelah kiri ditambahkan koefisien 3 sehingga 3 x 2 atom H= 6. maka jumlah atom H disebelah kiri dan kanan telah setara.


b.  Cara Persamaan Matematika

Untuk penyetaraan persamaan reaksi dengan menggunakan cara metematika biasa nya untuk reaksi yang mengandung banyak senyawa yang penyetaraan persamaan reaksi agak sulit.Makacaranya adalah  dengan jalan memisalkan koefisien reaksi salah satu zat dalam reaksi tersebut dengan angka satu ( 1 ) sedangkan koefisien reaksi zat zat lain dengan abjad  a, b, c, dan seterusnya. 


  • Berdasarkan hukum kekekalan massa dari Lavoiser yaitu jumlah tiap jenis atom sebelum dan setelah reaksi sama. maka didapatkan persamaan persamaan. 

  •  Dengan subtitusi dan eliminasi harga a, b, c, dan seterusnya dapat ditentukan harga koefisiennya.


  • Jikan koefisien reaksi merupakan angka pecahan maka harus dijadikan angka bulat dan sederhana dengan jalan mengalikan semua koefisien reaksi dengan angka tertentu.   
Contoh Soal : 
1. Setarakan Reaksi berikut : 


 Selanjutnya memberikan simbol simbol huruf untuk mewakili koefisien masing masing zat.







maka didapat kan hasil nya yaitu 





setelah didapat kan nilai dari koefisien, maka dapat dituliskan pada persamaan reaksinya menjadi :
 agar menjadi bilangan bulat, maka kedua ruas dikalikan 4, sehingga reaksinya menjadi:

2.  Setarakan reaksi berikut ini:


Selanjutnya memberikan simbol simbol huruf untuk mewakili koefisien masing masing zat.





maka didapatkan hasil nya:


setelah didapat kan nilai dari koefisien, maka dapat dituliskan pada persamaan reaksinya menjadi :


agar menjadi bilangan bulat, maka kedua ruas dikalikan 2, sehingga reaksinya menjadi:


Cara coba coba dapat digunakan dengan mudah jika persamaan reaksi nya sederhana. jika persamaan reaksinya lebih kompleks, penggunaan cara coba coba untuk menyetarakan reaksi akan lebih sulit. Untuk itu, gunakanlah cara persamaan matematika untuk menyetarakan persamaan reaksi yang kompleks. 


 SELAMAT MEMBACA
(*_*)

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini