Monday, 19 January 2015

CIRI-CIRI SUKSES SINKRONISASI DI APLIKASI DAPODIKMEN


Oke kawan-kawan operator semuanya apa kabar, bagaimana apa pengisian aplikasi dapodikmennya udah selesai. Kalau belum selesai selesaikan dulu ya isi data selengkap-lengkapnya. Nah bagi kawan-kawan yang sudah selesai mengisi data sekarang adalah waktunya untuk mengirimkan data ke server pusat atau yang biasa lebih di kenal dengan sinkronisasi. Apa itu sinkronisasi, sinkronisasi adalah proses pengaturan jalannya beberapa proses pada saat yang bersamaan. Tujuan utama sinkronisasi adalah menghindari terjadinya inkonsistensi data karena pengaksesan oleh beberapa proses yang berbeda (mutual exclusion) serta untuk mengatur urutan jalannya proses-proses sehingga dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari deadlock atau starvation.  jadi di dalam proses sinkronisasi ini ada beberapa hal atu tips sinkronisasiyang bisa kita jadikan panduan agar nantinya proses sinkronisasi dapat berjalan dengan baik dan sempurna. Seperti kita ketahui bersama bahwa untuk proses pengiriman data ini bisa dilakukan dengan dua cara pertama yaitu dengan melalukan sinkronisasi online dan sinkronisasi offline, sinkronisasi online bisa dilakukan jika komputer/laptop kita terhubung dengan jaringan internet, sedangkan sinkronisasi offline adalah proses sinkronisasi yang dilakukan ketika komputer tidak dalam keadaan terkoneksi dengan internet, setelah melakukan validasi maka akan ada file yang dapat didownload. Setelah itu hasil sinkronisasi offline dapat dikirim ke alamat http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/sync/ atau klik disini. Anggap saja kita sudah melakukan kedua hal di atas, lalu apakah pekerjaan kita sudah cukup sampai disini, ternyata tidak, kita harus memastikan apakah data kita tersebut sudah di terima server atau tidak. Berikut ini adalah tips yang bisa kita gunakan untuk memastikan apakah data yang kita kirim tersebut sudah di terima server atau belum. Sekalipun di tab Sinkronisasi sudah tertulis sinkronisasi berhasil. Oke berikut tipsnya
  1. Pastikan sebelum anda melakukan sinkronisasi pastikan tombol validasi 0 atau tidak ada yang invalid
  2. Selanjutnya tekan tombol sinkronisasi dan tunggu sampai ada pemberitahuan sinkronisasi berhasil atau tidak.
  3. Setelah itu tekan tombol reload untuk memastikan apakah data yang ada di aplikasi sudah terkirim, jika tabel di bawah itu bersih maka selamat data yang anda kirim sudah berhasil.
  4. Selanjutnya tutup tab sinkronisasi kemudian lihat di tabel log sinkronisasi pada halaman beranda aplikasi, dan lihatlah apakah di sana sudah muncul waktu mulai dan waktu selesainya sinkronisasi, jika belum muncul tekan tombol reload di sebelah kiri tanda x (lihat gambar 1). Oke setelah itu lanjutkan dengan membuka halaman http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/ atau klik disini.Setelah masuk perhatikan halaman web sebelah kanan di bawah tulisan login managemen (gambar no 2) di sana akan tampil sekolah-sekolah yang baru saja melakukan proses sinkronisasi, jika sekolah anda tidak muncul maka lakukan refresh halaman dengan menggunakan tombol refresh (kotak hitam), dan jika sekolah anda di sana sudah muncul maka selamat data anda sudah di terima oleh server. Tapi jangan senang dahulu sebelum anda melihat (gambar 3) pastikan apakah di sana juga jumlah data yang anda kirim sudah sesuai dengan apa yang ada di aplikasi dapodikmennya. Di sana anda akan melihat identitas sekolah anda, mulai dari NPSN, Jumlah PTK dan Jumlah Siswa dan pastikan sekali lagi apakah jumlah datanya sudah benar atau masih salah.
    sukses sinkronisasi dapodikmen
  5. Oke untuk memastikan hal tersebut silahkan lanjutkan dengan membuka Login Manajemen Pendataan Dikmen (lihat gambar di bawah ini)
    sukses sinkronisasi dapodikmen
  6. Setelah anda klik maka akan muncul halaman Login Manajemen Pendataan (lihat gambar di bawah) dan untuk masuk di sini silahkan login menggunakan email dan password yang anda gunakan di aplikasi dapodikmen ini. Dan perlu di perhatikan anda tidak akan bisa membuka halaman ini kalau anda belum melakukan proses sinkronisasi.
    sukses sinkronisasi dapodikmen
  7. Setelah masuk maka anda akan menemukan halaman seperti di bawah ini, periksa apakah nama operator dan nama sekolah sudah ada dan sesuai dengan saat melakukan registrasi. Untuk melanjutkan klik Tombol Warna biru untuk melihat data di dalamnya.
    sukses sinkronisasi dapodikmen
  8. Ketika anda berhasil masuk maka di tab paling atas anda akan menemukan identitas sekolah anda (lihat gambar di bawah). Kemudian periksa, apakah sudah sesuai atau belum dengan identitas yang melekat di sekolah anda. Kalau belum silahkan edit di aplikasi anda.
  9. Untuk mengecek data lain silahkan gulir ke bawah, maka anda akan menemukan 3 tab, yang berisi data (lihat gambar di bawah), terdiri dari data PTK, Data Peserta Didik dan Data Rombongan Belajar. Dan pastikan jumlahnya sesuai dengan yang ada di aplikasi.
    sukses sinkronisasi dapodikmen

    sukses sinkronisasi dapodikmen

    sukses sinkronisasi dapodikmen
  10. Oke yang terakhir ini adalah hal terkeren dari aplikasi pendataan dapodikmen ini. Di dalam login managamen kita akan menemukan sebuah maps atau peta yang menandakan koordinat lokasi sekolah kita (lihat gambar di bawah).
Koordinat Peta di Aplikasi Dapodikmen

Tanda merah itu merupakan lokasi sekolah yang titik koordinatnya sudah terisi di aplikasi dapodikmen kebetulan sekali itu adalah lokasi sekolah saya (lihat gambar di bawah ini).

Koordinat Peta di Aplikasi Dapodikmen


Untuk memperjelas gambar di atas kita bisa menggunakan fasilitas zoom di sebelah kiri peta tersebut (lihat gambar di bawah ini) dan pastikan itu benar-benar lokasi sekolah anda, jika bukan silahkan ganti di aplikasi dapodikmennya dan cari kira-kira dimana letak sekolah anda.

Oke deminkianlah informasi yang bisa saya berikan berhubung tiba waktunya untuk berbuka puasa,,he..he, semoga bermanfaat bagi kita semua, jika ada kata-kata yang kurang pantas mohon di maafkan dan jika ada informasi di atas salah/kurang silahkan di tambahkan melalui kolom komentar di bawah karena tiada gading yang tak retak. Selamat bekerja dan Salam satu data berkualitas.

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini