Monday, 19 January 2015

CARA TERBARU UPDATE APLIKASI DAPODIKMEN 802 KE 803 DENGAN AMAN


Sejak masa berlakunya habis Aplikasi Dapodikmen Versi 802 pada tanggal 30 September 2014. Maka Tim pengembang aplikasi Dapodikmen sudah mengeluarkan pacht terbaru untuk menggantikan aplikasi dapodikmen yang sudah expired pada tanggal 30 September kemarin. Jadi secara otomatis bagi kawan-kawan operator yang aplikasinya sudah tertera untuk di update maka harus segera mendownload pacht terbaru yaitu versi 803 di situs resminya yaitu di http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/laman/download atau kalau web di atas sulit di akses maka saya sediakan link alternatif untuk mendownload aplikasi maupun pacht 803 di atas
  1. Download Aplikasi 803 di sini
  2. Download Update/Pacht 803 di sini
       Pada aplikasi update pacht 803 ini antara lain ada beberapa perbaikan yang di lakukan oleh tim pengembang aplikasi diantaranya adalah :
  1. [fixed] Perbaikan untuk sekolah yang tidak bisa melakukan registrasi
  2. [fixed] form sanitasi yang sudah diisi namun masih terdeteksi invalid
  3. [fixed] file xls yang corrupt setelah diunduh di menu download absensi Peserta Didik
  4. [fixed] file xls yang corrupt setelah diunduh di menu unduh data peserta didik
  5. [fixed] Rekap Jumlah Jam tugas tambahan PTK yang terhitung lebih dari sekali di unduh profil sekolah
  6. [improved] Optimasi query tabel peserta didik
  7. [improved] Tampilan antarmuka pengguna baru
  8. [improved] Data Referensi Terbaru
  9. [improved] Penyesuaian untuk sekolah dengan bentuk pendidikan SLB
  10. [improved] Penambahan Kolom "Status di Rombel" pada Tabel PD Keluar
 (Sumber : http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id)

Oke bagi teman-teman operator dapodikmen. Berikut ini saya ingin berbagi tips mengenai cara mengupdate aplikasi dapodikmen dari versi 802 menjadi 803, yang Alhamdulillah saya berhasil melakukannya pada aplikasi dapodikmen sekolah saya. Akan tetapi perlu di ingat adalah Bila Anda Sudah Pernah Menginstall Aplikasi Dapodikmen versi 8.0.2, silakan install updater 8.0.3 (Jangan install ulang menggunakan installer full dapodikmen 8.0.2, karena akan menghapus data Anda!)Berikut ini tips dari saya untuk anda semua semoga bermanfaat :
  1. Pastikan teman-teman sudah membersihkan history browser yang digunakan untuk menjalankan aplikasi dapodikmen ini, baik dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga maupun dengan menggunakan tools bawaan dari browser tersebut
  2. Jalankan update aplikasi dapodikmen dengan cara klik kanan file tersebut jalankan menggunakan metode RUN AS ADMINISTRATOR, dan jalankan proses instalasi seperti biasanya, sampai proses akhir
     
    Cara update aplikasi dapodikmen
  3. Restart komputer/Laptop anda, sehingga proses update pacht tadi berjalan dengan sempurna
  4. Klik dua kali icon aplikasi dapodikmen anda di dekstop, kemudian login dengan menggunakan username dan password sebelumnya, dan pastikan anda menemukan login tahun ajaran terbaru yaitu TP 2014/2015, jika tidak berarti anda gagal dalam melakukan pachting/update, dan jika anda berhasil maka tahun pelajaran tersebut akan tertera di sana. 
  5. Setelah anda login maka anda akan menjumpai tampilan seperti gambar di bawah ini, dan pastikan versi aplikasinya berubah dari yang semula 802 menjadi 803 dengan versi databasenya menjadi 234.       
    Aplikasi Dapodikmen 803
                                      
  6. Proses selanjutnya anda tinggal mengupdate data jika ada yang masih di rasa kurang dan melakukan sinkronisasi untuk mengirim data ke server.
 Selamat Bekerja Semoga Kesuksesan selalu menjadi milik anda " Salam Satu Data Berkualitas"

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini