Sunday, 25 January 2015

Cara Mudah Mengatasi Masalah Extension IDM di Google Chrome



Salam sejahtera semuanya. Tadi siang saya baru sadar kalo ternyata ekstensi dari IDM di google chrome tidak terinstall, padahal saya sudah pake IDM versi terbaru, yaitu 6.17 Build 5. Mungkin kalian juga memiliki masalah yang sama. Dan kalau kita drag and drop file "IDMGCExt.crx" ke Settingan extension untuk Chrome, maka muncul tulisan 

Google has flagged "IDM Integration" as malicious and installation has been prevented

Oleh karena itu saya akan memberikan solusi buat kalian semua. 

1. Yang pertama masuk ke folder direktori IDM. Misalkan kalau di windows XP >> C:\Program Files\Internet Download Manager. 

2. Cari file bernama "IDMGCExt.crx" seperti gambar ini. PERHATIKAN! ekstensi-nya "crx" bukan "dll" jangan sampai salah. 

3. Kalau sudah, copy file IDMGCExt.crx dan paste ke folder lain (lebih praktis di desktop aja), lalurubah ekstensi file tersebut dari yang semula CRX, menjadi ZIP atau RAR. Merubah ekstensi bisa dilakukan dengan cara me-rename file tersebut. Dari yang semula bernama IDMGCExt.crx menjadi IDMGCExt.rar 

4. Setelah itu ekstrak file yang  yang sudah menjadi zip/rar tadi dengan WinRar atau WinZip. Kalau anda menggunakan WinRar, maka cara ekstrak-nya seperti ini : ~Klik kanan pada file IDMGCExt.rar, kemudian pilih "Extract Here". Maka nanti yang akan menjadi beberapa file dan folder seperti gambar ini 


5. Copy semua file dan folder tersebut ke C:\Program Files\Internet Download Manager (direktori tempat IDM anda terinstall) 

6. Kalau sudah, buka Google Chrome, lalu masuk ke settingan extension atau chrome://extensions/ dan centang bagian Developer Mode seperti gambar ini (klik untuk memperbesar)

7. Pilih menu "Load unpacked extension" lalu pilih folder C:\Program Files\Internet Download Manager

Wala.. Extension IDM sudah terinstall kembali ke Google Chrome :) 

**Update 27 Oktober 2013 (video tutorial) 
Untuk yang masih bingung, lihat saja video tutorial di bawah ini :) 


**Update 22 Januari 2014**
Untuk yang mengalami masalah panel download IDM 
tidak berada pada tempat yang semestinya

Sebenarnya masalah panel yang tidak berada pada tempatnya (yang harusnya tepat di kanan atas video, menjadi di pojok kiri bawah layar monitor) itu mudah diatasi. Sebelum saya mulai menjelaskan caranya, perlu kita ketahui apa penyebabnya. 

Software IDM atau mungkin browser Chrome tentunya selalu mengalami UPDATE. Nah, dan biasanya jika kita jarang update IDM atau Chrome, maka salah tempat panel pada IDM bisa terjadi. Seperti yang kita ketahui, Google Chrome biasanya melakukan automatic update. Dengan update dari Chrome tersebut, biasanya IDM menjadi tidak compatible dengan Chrome. Karena hal itu pula IDM juga selalu melakukan update agar masalah tidak compatible-nya chrome dengan IDM teratasi. 

Oke, langsung saja masuk ke cara agar IDM bisa compatible dengan chrome, dan panel download berada di tempat yang benar. 

"Pastikan IDM dan browser Chrome sudah dalam versi terbaru. Biasanya IDM selalu mengeluarkan update terbaru setelah chrome meng-update browsernya."
  • Q : Saya sudah update IDM dan Chrome dengan versi terbaru, tapi kenapa panel download IDM saya masih di pojok kiri bawah. Bagaimana cara mengatasinya ? 
  • : Caranya mudah, yaitu dengan mengulang semua tahap yang sudah dijelaskan pada tutorial diatas.
 Selamat mencoba dan semoga sukses !  :)

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini