Tuesday, 6 January 2015

Cara Menggunakan Rumus Microsoft Excel 2007 (sum, average, max, min dan counta)


Rumus microsoft excel 2007
 digunakan untuk memudahkan user atau penggunanya, diantaranya fungsi SUM untuk menghitung total, Fungsi Average digunakan untuk mencari rata-rata dari sekumpulan data (arithmetic mean). Fungsi MAX digunakan untuk menampilkan nilai atau angka maksimum (terbesar) yang terdapat dalam suatu sel/range data. Lalu ada fungsi MIN yang digunakan untuk menampilkan nilai atau angka minimum (terkecil) yang terdapat dalam suatu sel/range.

Masih banyak Fungsi-fungsi excel lainnya yang bermanfaat, tetapi kali ini saya mencoba berbagi penggunaan rumus-rumus excel untuk  fungsi SUM, Average, Max, Min dan Counta. Sebelum lanjut ke materi cara menggunakan rumus rumus pada microsoft excel 2007, bagi yang ingin lebih mengenal lebih jauh apa itu Microsoft excel 2007, bisa membuka/melihat artikel saya sebelumnya panduan belajar microsoft excel 2007 bahasa indonesia.
Untuk penggunaan rumus excel pastinya kita harus mempunyai contoh soal ms excel atau data yang ingin kita kerjakan. Sebagai contoh saya mempunyai tampilan soal/data seperti berikut :
gambar microsoft excel 2007
gambar microsoft excel
Cara Menggunakan Rumus Microsoft Excel 2007
Dari gambar soal di atas, yang perlu diisi datanya adalah total, total gaji, gaji rata-rata, gaji terbesar, gaji terkecil dan jumlah karyawan. Langakah-langkah untuk mengerjakan soal di atas adalah :
1. Gunakan fungsi SUM untuk menghitung total. Setelah mengisi formula di sel F7, copy  formula atau drag hingga f13. Bentuk penulisannya =sum(number1,number2,…). Number berisi sel/range , berisi angka atau bilangan, nilai  logika atau teks yang mewakili bilangan. lihat gambar microsoft excel di bawah ini :
gambar rumus excel
rumus microsoft excel fungsi sum

2. Gunakan fungsi SUM juga untuk total gaji di sel C15
gambar fungsi excel sum
3. Gunakan fungsi Average pada sel C16 untuk menghitung gaji rata-rata
Bentuk Penulisannya =Average (number1, number2,..). Number dapat berupa angka/bilangan, sel atau range yang berisi angka atau nilai logika.
gambar fungsi average
4. Gunakan fungsi MAX pada sel C17 untuk menghitung gaji terbesar
Bentuk penulisannya =MAX(number1, number2,..). Number dapat berupa angka/bilangan, sel/range yang berisi angka atau nilai logika. Keterangan ini berlaku untuk fungsi MIN.
gambar fungsi max
5. Gunakan fungsi MIN untuk menghitung gaji terkecil di sel F15
Fungsi MIN digunakan untuk menampilkan nilai atau angka minimum (terkecil) yang terdapat dalam suatu sel/range data. Bentuk penulisannya =MIN(number1, number2,…).
gambar fungsi min
6. Gunakan fungsi COUNT/COUNTA di F16 untuk menghitung jumlah karyawan
Fungsi COUNT digunakan untuk menghitung jumlah data tipe numerik yang terdapat dalam  suatu range data.  Bentuk penulisannya =COUNT(value1, value2,..). Value dapat berupa angka/bilangan, sel atau range yang berisi  angka/bilangan atau nilai logika. Keterangan ini berlaku untuk fungsi COUNTA
Fungsi COUNTA digunakan untuk menghitung jumlah data (semua tipe) yang terdapat dalam suatu range data keculai sel kosong. Bentuk penulisannya =COUNTA(value1, value2,…)
gambar fungsi count/counta
Setelah menyelesaikan point 6 di atas, selesai sudah untuk pengerjaan soalnya. Untuk mendownloadrumus excel lengkap di atas, silahkan anda mendownloadnya di sini

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini