Sunday, 25 January 2015

Cara Melihat File Yang Dihidden / Disembunyikan Virus


Berawal dari pengalamanku saat kuliah dulu. Waktu itu keberadaan komputer sangat jarang sekali apalagi printer. Sehingga untuk membuat tugas, baik itu makalah, resume, portofolio atau skripsi, biasa dikerjakan di temapat rental komputer atau nebeng sama tema yang punya komputer. Dengan berbekal seabreg tugas dengan sebatang flash disk yang tergantung di leher, perjuangan menaklukan tugas kuliah pun dimulai.

Dengan kebiasaan gonta-ganti komputer, alhasil sang flash disk pun terjangkit virus yang cukup mematikan (cyie ileh mematikan, emang HIV). Masalah pun muncul, tapi dengan perasaan santai kaya di pantai, gue masih merasa tenang, paling discan pake anti virus juga beres. Tapi tidak demikian kawan, begitu discan semua file di flash disk lenyap tak tersisa bagaikan ditelan Limbad. OMG masalah apalagi ini, udah cape-cape begadang dua hari dua malam, digigit nyamuk rental komputer, duit bobol buat bayar sewa rental komputer. Tapi anehnya pas dicheck di di explore, properties flashdisknya tidak berkurang. Ternya eh ternyata filenya di sembunyikan oleh virus.

Cara mengembalikan file yang di hidden oleh virus itu gampang sekali karena itu bisa di lakukan tanpa menggunakan software ataupun antivirus kita hanya menggunakan windows explorer atau Command Prompt (CMD) bawaan sistem operasi kebetulan saya menggunakan windows 7 jadi langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini untuk mengembalikan file yang di hidden oleh virus tersebut: 


Cara 1 :
- buka Windows Explorer
- klik Organize
- klik Folder and search option
- klik View
- klik Show hidden file, folder and drives
- klik Hide protected operating system files (rekomended) / hilangkan tanda centang
- klik Yes
- Klik Apply
- Klik Ok
- tarammmm... filenya terbuka


Cara 2 :
- Masuk ke Command Prompt dengan cara Klik Start  (logo windows, di kiri bawah layar) lalu ketik CMD di kolom Search program and files kemudian klik CMD.

- Setelah jendela Command Prompt keluar maka selanjutnya tinggal ketik nama drive flashdisk/memory card anda yang diikuti dengan tanda : (titik dua),  contohnya drive flashdisk/memory card anda F maka anda ketikkan F: lalu tekan enter.
 
- Kini anda berada di dalam drive flashdisk anda, kemudian ketikkan dir lalu tekan enter kemudian lihat hasilnya sudah muncul atau belum file yang anda cari? Jika belum maka ketikkan dir/a kemudian tekan enter kembali lihatlah apakah file atau folder yang anda sekarang sudah terlihat?
 
-Jika sudah terlihat maka langkah selanjutnya adalah ketikkan attrib –s –h –r /s /d tunggu beberapa detik setelah muncul drive flashdisk pada jendela Command Prompt anda misalnya F:\> maka proses pengembalian file atau folder telah selesai. Selamat Mencoba....

Keterangan:
attrib = string untuk memulai merubah atribut pada Command Prompt
-s = menghilangkan atribut System File
-h = menghilangkan atribut Hidden File
-r = menghilangkan atribut Read Only File
/s = sub directory
/d = directory
dir = melihat isi dari sebuah directory
dir /a = melihat isi dari sebuah directory beserta atribut file nya juga berfungsi untuk menampilkan file hidden.


0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini