Monday, 19 January 2015

CARA AMAN MEMINDAHKAN APLIKASI DAPODIKMEN KE LAPTOP/PC LAIN



cara memindahkan aplikasi dapodikmen ke laptop/PC lain
Selamat malam para pemirsa, apa kabar semuanya. Berhubung malam ini saya punya ide untuk menulis, maka saya akan mencoba berbagi dengan kawan-kawan semuanya. Kali ini yang akan kita bahas adalah tentang bagaimana cara aman untuk memindahkan aplikasi dapodikmen ke komputer atau laptop lain. Tulisan ini lahir atas beberapa pertanyaan teman-teman yang ada di group pendataaan yang menanyakan hal tersebut di atas. Jadi kita sebagai manusia tidak luput dari yang namanya ke khawatiran, apalagi jika itu menyangkut hajat hidup orang banyak, dan perlu kita ketahui tidak selamanya mesin itu mampu bekerja secara terus menerus, tentu dengan seiring berjalannya waktu, pasti akan terjadi problem pada komputer/laptop kita. Tentu kita pasti kecewa setelah bekerja sekian lama, tidak mengenal siang malam terus bekerja demi suksesnya data dapodikmen kita, akan tetapi tiba-tiba perangkat yang kita gunakan tidak bisa bekerja sama alias rusak/tidak bisa digunakan, tentu kita akan pusing dan sangat khawatir. Tapi kawan-kawan semua tidak perlu khawatir sebab ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan jalan memindahkan aplikasi kita ke komputer/laptop lain. Salah satunya adalah dengan menggunakan tips berikut ini:
  1. Lakukan syncronisasi di komputer saat ini dan pastikan sinkronya berhasil, Jadi bagi kawan-kawan OPS sering-seringlah melakukan proses ini, jadi jangan menunggu data baru kemudian baru melakukan sinkronisasi, karena kita ketahui di aplikasi dapodikmen tidak di sertai dengan fasilitas backup, selain dari backup hasil sinkronisasi.
  2. Instal aplikasi dapodikmen di komputer/laptop baru dengan menggunakan aplikasi dapodikmen versi terbaru yaitu versi 802 yang aplikasinya bisa di unduh di sini, Lakukan penginstalan aplikasisecara benar dan sesuai dengan prosedur yang ada, Sehingga nanti hasil yang di dapatkan bisa memuaskan tanpa terkendala.
  3. Setelah proses instalasi selesai, langkah selanjutnya yang harus di lakukan teman-teman adalah mendownload prefiil dapodik pada halaman http://202.92.204.194/prefill/generate_prefill.php?act=selesai . Unduh file prefill tersebut dengan menggunakan kode registrasi masing-masing sekolah.
  4. Setelah berhasil mendownload prefill, tempatkan file prefiil tersebut di folder yang sudah ada di local disk C >  prefill_dapodik. Adapun tujuan memasukkan file prefill ini kedalam folder sebelum proses registrasi adalah untuk mencegah terjadinya masalah Kode Registrasi tidak di temukan pada saat registrasi.
  5. Langkah selanjutnya yaitu lakukan registrasi ulang di aplikasi dapodik, dengan mengisi form isian yang sudah ada di sana.
  6. Semoga berhasil

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini