Friday, 12 December 2014

Geometri Bentuk Molekul

Geometri bentuk molekul berkaitan dengan susunan/bentuk ruang atom dalam molekul. Geometri molekul dapat diketahui berdasarkan percoban, namum molekul sederhana dapat diramalkan strukturnya. Teorinya disebut dengan teori domain elektron.

A. Teori domain elektron
Teori domain elektron adalah suatu cara untuk meramalkan geometri molekul berdsarkan teori tolak menolak elektron pada kulit luar atom pusat. Teori ini menyempurnakan teori VSEPR ( Valence Shell Electron Pair Repulsion, biasa di baca vesper). Kalau mau baca tentang VSEPR di sini. Domain elektron berarti daerah yang ada elektronnya. Jumlah domainnya dapat ditentukan sebagai berikut:

1. Setiap elektron ikatan baik tunggal / rangkap merupakan satu domain.
2 Setiap pasangan elektron bebas dihitung satu domain.

Teman-teman masih ingat kan gimana cara menggunakan struktur lewis? Contohnya H2O, jumlah domain elektronnya ada 4, yaitu 2 pasang elektron ikatan (PEI) dan 2 pasang elektron bebas (PEB), masing masing pasangan tunggal . Kalau CO2 jumlah domain elektronnya ada 2. Yaitu 2 PEI dan tidak ada PEB. Tetapi pasangan rangkap dua.Coba teman-teman tentukan jumlah domain elektron NH3 dan XeF4!

Prinsip-prinsip dasar dari teori domain elektron adalah :

1. Antardomain elektron pada kulit luar atom pusat saling tolak menolak, sehingga domain elektron akan mengatur diri (membentuk formasi) sedekimian rupa hingga tolak menolak jadi minimum. ini gambarnya
Picture1

2. PEB lebih besar gaya tolak menolaknya dibanding dengan PEI.Hal itu erjadi karena peb hanya terikat pada satu atom sehingga geraknya leluasa.Urutan gaya tolak menolak nya begini ; PEB-PEB > PEI -PEB > PEI-PEI. Akibat dari bedanya besar gaya tolak menolak adalah mengecilnya sudut pei karena desakan  dari peb. Jadi jarak pei itu deketan sedangkan peb itu jauh-jauhan. Demikian juga domain yang terdiri dari dua atau tiga pasang domain elektron  lebih besar  gaya tolak menolaknya daripada yang punya satu domain.

3. Bentuk molekul hanya ditentukan pasangan elektron terikat.Jadi nanti kalau udah ditentuin peb dan pei, peb nya abaikan aja, bentuknya kamu tentuin denga atom pusat dan pei saja.


B. Merumuskan tipe molekul.

Tipe molekl adlah suatu notasi atau lambang yang menyatakan jumlah  domain di sekitar atom pusat suatu molekul, baik peb dan peinya. Lambangnya :

1. Atom pusat dinyatakan dengan lambang A
2. PEI dinyatakan dengan X
3. PEB dinyatakan dengan E.

Contohnya AX5E, artinya atom pusat dengan domain pei 5 dan domain peb 1.

Tipe molekul dapat ditentukan sebagai berikut:

I. Senyawa biner berikatan tunggal

Jika atom pusat berikatan tunggal maka setiap ikatan menggunakan satu elektron dari atom pusat. (rangkap 1 struktur lewisnya). Cara mencari peb nya adalah
E = (EV - X) /2. E adalah peb, EV adalah elektron valensi atom pusat dan X adalah jumlah domain pei.

Contoh : CH4.

pertama kita harus mengetahui jumlah valensi atom pusatnya yaitu C adalah 4. Lalu pei nya diketahui ada 4 dari ikatannya dengan atom H. Setelah itu kita bisa tau pebnya dengan rumus tadi yaitu 4 -4/2 = 0 jadi CH4 tidak unya peb. Tipe molekul AX4. Bentuk ruangnya bagaimana??
seperti ditabel CH4 adalah tetrahedral.
Coba teman-teman cari tipe molekul dari BF3, SF4, NCL3 dan IF3 !!


II. Senyawa biner berikatan rangkap atau kovalen koordinasi.
Kalau ikatan tunggal akan menggunakan satu elektron dari atom pusat, rangkap menggunakan dua. Ingat kembali pengertian kovalen koordinasi kalau belum mengerti ya? cara mencari pebnya dengan rumus E = (EV - X')/2 dengan EV elektron valensi, X' jumlah elektron yg digunakan atom pusat.

Contoh : SO3. Pusatnya adalah sulfur. pertama kita cari jumlah valensi atom pusat yaitu 6, karena pei ada 3 (yaitu O3) maka, jumlah elektron yang digunakan atom pusat adalah 3 x 2 = 6. (dua didapat dari pengertian awal ya!) sehingga E = 6-6/2 =0. tidak punya peb, tipe molekul AX3, bentuknya segitiga planar.

Contoh kedua POCl3. Atom pusatnya adalah P. Kenapa begitu?? karena P nya di awal.  jumlah domain ikatan ada 4 yaitu dengan 1 O dan 3 Cl, tetapi kita hnya mencari jumlah elektron yg digunakan berarti O = 1x2 = 2 e dan CL =3x1 =   3. ( O dikali 2 karena diberi 2 elektron oleh P, sedangkan Cl memberi 1 dan P memberi satu elektron juga, paham kan??) sehingga di dapat 5 .
kita pakai rumus E = 5-5/2=0 berarti gapunya peb. Tipe molekul AX4 dan bentuknya tetrahedral.

coba teman cari tipe dan bentuk molekul dari SO2, XeOF4, SOCl2!

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini