Wednesday, 10 December 2014

Aplikasi Penangkap Tampilan Layar Komputer


Beberapa dari kita mungkin ada yang masih asing dengan istilah SS biasa disebut juga screen shoot atau screen capture. Screen shoot atau screen capture adalah gambar hasil tangkapan atau ambilan dari potongan atau sebagian potongan yang diambil dari layar monitor komputer/laptop. 

Banyak bertebaran aplikasi SS penangkap tampilan dilayar monitor ini, ada yang online ada juga yang berupa software. untuk yang versi online yang paling sering digunakan adalah http://prntscr.com/, namun kelemahannya adalah gambar tidak bisa di edit baik pewarnaan maupun penambahan tulisan. 

Saya sendiri lebih menyukai yang versi offline. Yaitu software yang hasil tangkapannnya bisa di edit ulang. Ada 2 software yang biasa saya gunakan, yaitu Faststone Screen capture dan Snipping Tool. Untuk Snipping tool sendiri adalah bawaan windows 7 Ultimate (saya tidak tahu apakah di windows 7 versi lain ada). Sedangkan Faststone berupa software yang bisa kita temukan dengan mencarinya di Google. Faststone Screen Capture bisa bekerja di Windows XP dan Win 7. 

Untuk kali ini saya akan share cara menggunakan snipping tool sebuah software untuk menangkap tampilan monitor laptop kita. Penggunaan Snipping tool cukup sederhana dan mudah. 

Pertama klik Start, di form search masukkan kata snipping tool, maka akan muncul aplikasi yang diingini. Klik dan aplikasi siap digunakan. 

software aplikasi penangkap tampilan layar monitor

Cara menggunakan Snipping Tool:

Jika sudah muncul garis merah bersilang, silakan arahkan mouse pada area layarmonitor yang ingin diambil capturenya. Tekan kiri mouse geser lalu lepas. 


Snipping Tool

Klik File, pilih Save As... 

  • Pilih folder penyimpanan gambar. 
  • Beri nama gambar yang pas sesuai apa yg ditangkap untuk memudahkan pencarian nantinya
  • Pilih save as type, portable ntework graphic (PNG)
  • Klik Save, dan tangkapan layar monitor laptop sudah jadi



Deskripsi Penelusuran software atau aplikasi penangkap tampilan di layar monitor komputer atau laptop. Screenshoot, screen capture desktop.

Sebaiknya simpan gambar dalam format .PNG, format ini memiliki kualitas gambar baik, namun hanya memakai memori/ukuran yang kecil.  berbeda dengan format .jpg yang ukurannya memori labih besar kualitas masih setara PNG. 

Buat Anda pengguna windows XP silakan pakai Faststone screen capture yang bisa didownload disini dan serial numbernya di siniInstal sendiri yeee... 

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini