Monday, 15 December 2014

Aplikasi Memperkecil file video tanpa kehilangan kualitas

Bagaimana kabar hari ini ? Semoga tetap semangat menuju perubahan yang lebih baik. Kali ini saya berbagi “tips” memperkecil file video tanpa kehilangan kualitas baik gambar maupun suara. Berawal saat mendokumentasikan praktikum siswa dalam bentuk file video,ternyata file yang dihasilkan cukup besar yaitu 155 MB. Rencananya file video dokumentasi tersebut akan saya upload ke youtube. Setelah menggunakan berbagai converter untuk mengubah format file yang saya miliki, ternyata ukuran file video yang dihasilkan setelah konversi bagi saya masih besar  dari file semula.
Setelah “berburu” dibelantara hutan Google, Alhamdulillah saya mendapatkan software Cyko yang bisa anda download disini.
Ukuran sofware Cyko ini sebelum diekstrak besarnya hanya 5,65 MB. Dan setelah diekstrak, ukuran file akan menjadi 18,3 MB. Setelah diekstrak ,langkah selanjutnya lakukan langkah berikut :
1.Ekstrak file / folder yang telah didownload

2.Maka akan didapatkan folder dengan nama Cyko . Kemudian buka folder tersebut, didalam folder terdapat beberapa file antara lain :

3.Berikutnya jalankan file Cyko , lalu klik RUN

4.Maka akan tampil lay out sebagai berikut :

5.Klik Add Source Files untuk memasukkan file yang akan dikonversi / dikecilkan ukurannya. Kemudian klik Open 

6.Maka akan tampil lay out yang menunjukkan asal lokasi input file , misal: (F:\INSPIRING\Pump controlled with WLC\wlc pompa.avi) serta lokasi tempat penyimpanan hasil konversi  misal: (F:\SOFTWARE ELECTRONIC\Cyko

7.Berikutnya klik Options untuk mengisi data
Isi Value dengan angka tertentu, misal Value = 26, Height = 400 dan Audio Bitrrate = 50 seperti gambar diatas. Lalu klik Scan Audio Tracks Count Then Put Parameters Outputs
8.Maka software akan melakukan scan terhadap audio.

9.Klik OK pada ketika muncul kotak dialog Scanning Done. Maka akan tampil lay out sebagai berikut

10. Klik Encode. Maka proses konversi akan dijalankan

11.Lama waktu yang dibutuhkan tergantung pada besar kecilnya file yang dikonversi juga kondisi komputer kita. Sebagai contoh untuk file sebesar 155 MB membutuhkan waktu sekitar 1 jam . Tunggu sampai selesai dan hasil konversi akan ditempatkan di folder (F:\SOFTWARE ELECTRONIC\Cyko). Tempat output bisa juga disetting difolder lain sesuai keinginan.

12.Setelah selesai hasil konversinya hanya sebesar 12.5MB. Kualitas audio dan videonya juga lumayan bagus.
Demikian sharing saya kali ini, mungkin ada konversi video lain dari sahabat-sahabat, saya tunggu.
Selamat mencoba……

zainal abidin

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini