Tuesday, 10 June 2014

Mengubah Theme dan Header

Mengubah Theme dan Header

28 08 2008 Apa itu theme? Theme atau mungkin bisa disebut tema, adalah desain layout halaman blog kita. Hampir sama dengan istilah theme pada sistem operasi MS Windows. WordPress menyediakan layanan untuk mengubah-ubah theme blog, jika kita memang menginginkannya. Theme default yang ditentukan oleh WordPress adalah seperti yang terlihat pada gambar berikut ini. Header atas polos warna biru laut, background putih, dan layout terdiri dari dua kolom.
Theme Asli (Default)
Theme Asli (Default)
Bagi penulis sendiri, tampilan seperti itu terlalu lugu, datar, sehingga ada baiknya kita coba untuk mengganti dengan theme yang lebih menarik, “eye catching” bagi para pengunjung. Misal ingin kita samakan dengan theme-nya blog pksrungkut (theme Freshy). Maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Masuk ke dashboard blog yang akan kita ubah theme-nya. Masih ingat kan caranya? :)
2. Klik menu “Design” di bagian atas. Maka kita akan masuk ke tampilan yang menunjukkan berbagai macam jenis theme yang bisa dipilih seperti gambar di bawah ini:
Masuk Halaman "Design"
Masuk Halaman
3. Cari theme yang kita inginkan. Untuk mempercepat pencarian bisa kita manfaatkan menu “Filter” yang berada di bagian tengah halaman web. Di situ ditawarkan kriteria theme berdasar warna utama, jumlah kolom, lebar dll. Karena kita ingin menyamakan dengan theme pksrungkut maka kita pilih filter “custom header”. Custom Header artinya kita bisa mengubah gambar yang muncul di bagian header (atas) blog. Header ini bisa diganti dengan gambar yang sesuai dengan isi blog kita. Jangan lupa klik tombol “Filter” untuk menampilkan hasil pencariannya.
Klik Menu "Filter" Untuk Mencari Theme Yang Diinginkan
Klik Menu "Filter" Untuk Mencari Theme Yang Diinginkan
4. Setelah yang dicari ketemu, maka kita tinggal klik contoh gambar theme-nya. WordPress selama beberapa saat memproses, kemudian akan otomatis menampilkan preview tampilan blog kita dengan theme yang baru.
Theme Freshy Berhasil Ditemukan
Theme Freshy Berhasil Ditemukan
5. Jika dirasa sudah pas, maka klik menu “Activate” yang berada di pojok kanan atas halaman web.
Tampilan Preview Theme Baru
Tampilan Preview Theme Baru
6. Kemudian kita akan dikembalikan ke halaman “Design”. Untuk melihat hasilnya, klik menu “Visit Site”. Alhamdulillah, blog kita sudah bisa ganti theme :D
Tampilan Blog dengan Theme Baru
Tampilan Blog dengan Theme Baru
Catatan: Penggantian theme terkadang bisa mengubah posisi komponen blog. Yang semula berada di atas bisa pindah di sebelah kanan, atau bahkan sebaliknya. Jangan khawatir :D
TAMBAHAN: CARA MENGUBAH GAMBAR HEADER
Beberapa blogger, termasuk penulis, seringkali kurang cocok dengan gambar header (gambar yang tampak di bagian atas blog) yang diberikan oleh Wodpress. Karena itu beberapa blog yang dipakai, dicari yang termasuk theme kategori “Custom Header”. Alasannya supaya header bisa lebih disesuaikan dengan isi blog. Langkah-langkahnya sbb:
1. Masuk kembali ke halaman “Design”. Klik menu “Custom Image Header”. Akan muncul tampilan sepeti di bawah ini:
Halaman Custom Header Image
Halaman Custom Header Image
2. Kita diminta mengirimkan sebuah file gambar dengan ukuran tertentu yang harus dipatuhi. Masing-masing theme umumnya mensyaratkan ukuran file yang berbeda-beda. Untuk sekedar contoh mudahnya, kita sesuaikan saja lagi dengan header blog pksrungkut. Caranya kita kopi dulu file gambar headernya. Klik kanan pada header blog pksrungkut, pilih menu “View Background Image”. Setelah itu muncul gambar header-nya, klik kanan lagi untuk melakukan “Save As”. Harap diingat lokasi penyimpanan file-nya :)
Cara Mengkopi File Header Blog Lain
Cara Mengkopi File Header Blog Lain
3. Kembali ke halaman “Design”, kita masukkan lokasi file kopian tadi. Klik tombol “Browse”. Kemudian klik tombol “Upload”. Tunggu sejenak sampai selesai.
Pilih File Yang Akan Dijadikan Gambar Header Baru
Pilih File Yang Akan Dijadikan Gambar Header Baru
4. Lihat hasil tampilan blog kita dengan gambar header yang baru. Alhamdulillah :D
Blog Dengan Gambar Header Yang Baru
Blog Dengan Gambar Header Yang Baru
Catatan: Pembuatan file gambar header bisa melalui aplikasi pengolahan grafis, diantaranya Adobe Photoshop maupun Corel Draw. Sayang, belum bisa dibahas di kesempatan ini :D
Sekian dulu. Semoga bermanfaat. Ketemu lagi di materi selanjutnya. InsyaAlloh…
LATIHAN MANDIRI:
Cobalah ubah-ubah theme blog saudara setidaknya 3 jenis theme yang berbeda.

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini