Tuesday, 10 June 2014

Cara membuat label atau kategori di blog

Cara membuat label atau kategori di blog. Label atau kategori maksudnya adalah pengelompokan artikel dalam satu nama yang sama atau artikel dengan pokok pembahasan yang berkaitan kita kelompokan menjadi satu. Label atau kategori ini berfungsi untuk memudahkan pengunjung untuk melihat artikel-artikel dengan pembahasan yang sama.

Contohnya: Kita punya 3 artikel dengan judul seperti dibawah ini.
  1. Cara membuat motor roda dua
  2. Cara memperbaiki motor yang rusak
  3. Cara merawat motor agar tetap awet
Dari ketiga judul artikel di atas, semuanya berhubungan dengan motor. Maka buatlah LABEL  dengan nama Motor. Jadi ketika orang klik label dengan nama MOTOR. Ketiga artikel diatas akan keluar. Untuk melihat contoh label, bisa di klik dibagian menu desain blog atau tips trik yang ada di blog ini, letaknya di bagian atas.

Itulah sedikit penjelasan apa yang dimaksud dengan label atau kategori. Sekarang ke bagian cara membuat label atau kategori di blog.
  1. Silakan edit 3 artikel lama kamu. Lalu klik Label pada bagian Setelan Entri. Contohnya:
  2. Cara membuat label atau kategori di blog
  3. Selanjutnya isi dengan nama label yang sama pada ke tiga artikel kamu. Contoh: gambar diatas itu di isi dengan nama label Tips dan Trik. Lalu klik Selesai.
  4. Dan klik perbarui.
  5. Setelah itu ke pengaturan tata letak > klik tambahkan gadget > Pilih Label. Seperti gambar dibawah ini. Dan simpan.
  6. Cara membuat label atau kategori di blog
  7. Masih pada bagian tata letak, klik simpan setelan. Dan silakan buka halaman awal blog kamu. Maka akan ada widget atau gadget di blog kamu . Contohnya:
  8. Cara membuat label atau kategori di blog
  9. Sekarang coba klik label yang sudah kamu buat tadi, maka ketiga artikel yang sudah  kamu beri nama label yang sama tadi, akan keluar. Selesai.
Lakukan cara yang sama, jika ingin membuat label dengan nama yang berbeda. Dalam satu artikel kita juga bisa memberinya dengan nama label yang berbeda. Misalkan Satu artikel kita beri 2 nama label, contoh: pertama label dengan nama tips trik dan yang kedua desain blog. Caranya cukup dengan menambahkan tanda , untuk memisahkan label yang pertama dan yang kedua. Contohnya:

Cara membuat label atau kategori di blog

Jika sudah memberikan satu artikel dengan 2 nama label, contohnya: tips trik dan desain blog. Maka setiap kita klik label tips trik maka artikel tadi akan keluar. Begitu juga jika kita klik label desain blog, maka artikel itu pun akan keluar.

Tidak hanya dua, tiga atau empat sekalipun kita bisa berikan pada satu artikel. Saran saya, satu artikel cukuplah diberi nama label paling banyak 3 nama saja. Tapi itu terserah anda, jika ingin memberikan banyak nama label dalam satu artikel, silakan.

Silakan dibaca juga artikel saya yang lainnya seperti Cara membatasi jumlah artikel di label atau artikel tentang Cara membuat dan mengisi menu blog dan juga artikel lainnya. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini