Wednesday, 22 January 2014

Tata Cara Mengikuti SNMPTN 2014

Tata Cara Mengikuti SNMPTN 2014



Rangkaian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 sudah akan dimulai. Seleksi ini akan diikuti oleh 62 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. Tata cara mengikuti SNMPTN 2014 terbagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama adalah pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh pihak Sekolah dan kemudian data tersebut akan diverivikasi oleh masing-masing siswa. Tahap kedua yaitu pendaftaran SNMPTN 2014 oleh siswa ke laman http://snmptn.ac.id.
Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember, Drs. Agung Purwanto, M.Si menjelaskan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan tahapan awal untuk mengikuti seluruh rangkaian pendaftaran SNMPTN. “Syarat untuk mengisi PDSS sekolah wajib memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), sehingga sekolah yang belum memiliki NPSN wajib untuk mengurusnya jika ingin anak didiknya bisa mengikuti SNMPTN”
Agung Purwanto mengatakan seleksi dilaksanakan melalui Penjaringan Prestasi Akademik (PPA), Hasil Ujian Nasional dan prestasi lainnya. Sehingga dalam proses awal kepala sekolah berperan penting mengisi data sekolah dan jejak rekam akademik siswanya di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id. “Sekolah harus memasukkan data prestasi siswa yang berupa nilai rapor secara berkala untuk seluruh siswanya ke laman Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)” kata Agung. "Kalau belum isi PDSS, Sekolah tidak akan menerima password untuk siswanya sebagai syarat pendaftaran SNMPTN. Jadi sekolah harus isi PDSS jika ingin siswanya mengikuti SNMPTN," tegasnya
Sementara itu siswa juga harus aktif dalam proses pengisian PDSS. Agung Purwanto menambahkan siswa wajib melakukan verifikasi data yang diisikan ke PDSS oleh pihak sekolah. Ini dimaksudkan untuk memeriksa apakah data rekam jejak prestasi akademik yang dimasukkan sekolah sudah sesuai apa tidak. Ia mengingatkan syarat bagi siswa yang akan mengikuti SNMPTN 2014 harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
Lebih lanjut Agung menjelaskan tahap berikutnya adalah proses pendaftaran SNMPTN., siswa Pelamar dengan menggunakan NISN dan password, yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, harus login ke laman http://www.snmptn.ac.id.  untuk melakukan pendaftaran. Kemudian mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih
Agung Purwanto berharap dalam pelaksanaan SNMPTN 2014 ini tidak ada siswa yang lulus SMA dan yang sederajat tetapi tidak mendaftar SNMPTN, karena biaya pelaksanaan SNMPTN sepenuhnya ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Khusus untuk peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi yang diterima di PTN akan mendapatkan beasiswa selama masa studi normal melalui program Bidikmisi.
Selanjutnya Agung Purwanto mengingatkan proses pengisian PDSS sudah bisa dilakukan mulai 6 Januari –  6 Maret 2014 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester. Sedangkan proses  pendaftaran SNMPTN 2014 akan dilangsungkan pada 17  Februari - 31 Maret 2014. Pada tanggal 1 April – 26 Mei 2014 akan dilaksanakan Proses Seleksi. Kemudian Pengumuman Hasil Seleksi akan digelar pada 27 Mei 2014. Sedangkan pendaftaran ulang bagi yang lulus seleksi akan dilaksanakan 17 Juni 2014 bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2014. (MJ/did).

0 komentar:

Post a Comment

bagus sangat membatu bagi kami
sering-seringlah enteri file yang baru
kami merasa senang dan bangga atas kebedradaan blog ini